BeritaFoto

Jatim Kominfo Festival 2022 di Kota Batu, Siapkan Transformasi Digital Hingga Digitalisasi UMKM

Jatim Kominfo Festival 2022 di Kota Batu, Siapkan Transformasi Digital Hingga Digitalisasi UMKM

BATU – Proyeksi tahun 2030 menurut Jack Ma pendiri Alibaba, perekonomian akan bergantung 80 persen dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dari angka tersebut, 85 persen adalah e-commerce dan 90 persen industri online.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa saat membuka Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022 di Balaikota Among Tani, Senin (25/7/2022).

“57,81% dari Produk Domestik Regional Bruto (PRDB) Provinsi Jawa Timur berasal dari UMKM, karena itu bagaimana Kita akan menghadapi proses digitalisasi untuk UMKM menentukan masa depan Jawa Timur.” Ungkap Khofifah.

Kegiatan JKF 2022 juga dihadiri oleh Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, beserta Wali Kota/Bupati se-Jawa Timur. Sedangkan pameran produk Kominfo se-Jatim digelar di halaman parkir timur Balaikota Among Tani.

Dengan tema “Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital”, tujuan dari kegiatan JKF 2022 ini adalah untuk mengedukasi masyarakat dengan beberapa informasi yang bermanfaat, murah, dan mudah diakses.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono, mengatakan kegiatan JFK merupakan pekan KIM yang kini bertransformasi agar dapat memberi manfaat dibidang informasi publik dan TIK.

Sementara itu, menurut Wali kota Batu, transformasi digital kini digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sebagai cara untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Kota Batu siap menyambut akselerasi transformasi digital, dibuktikan dengan peningkatan SDM, infrastruktur digital, LPPL ATV yang bersiap untuk beralih ke digital, serta pemanfaatan TV Desa memberikan fasilitas SDM anak muda kreatif Kota Batu disetiap kelurahan dan desa.

Jatim Kominfo Festival (JKF) diselenggarakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 25-28 Juli 2022, dengan berbagai agenda berupa Forum Statistik, Forum Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Forum Walidata, Workshop Kehumasan, Workshop Relawan TIK, dan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Ada juga Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Kim.id, Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), Pameran Diskominfo Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota se-Jatim, serta Pertunjukan Rakyat (Pertura) seni dan budaya lokal Jatim. (daniel/rizki/herman/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.