BeritaFoto

Naik Satu Tingkat, Kota Batu Raih Penghargaan KLA 2022 Kategori Nindya dari Kementrian PPPA

Naik Satu Tingkat, Kota Batu Raih Penghargaan KLA 2022 Kategori Nindya dari Kementrian PPPA

BOGOR, Prokopim – Untuk pertama kalinya, Kota Batu merah Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya. Prestasi ini naik satu tingkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya Kategori Madya.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dari Menteri Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Bintang Darmawati, di Hotel Novotel, Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).

Sedangkan yang terlibat dalam suksesnya penilaian KLA 2022 adalah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat di lima kluster.

Lima kluster tersebut diantaranya Hak Sipil dan Kebebasan, Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, Perlindungan Khusus Anak, Kesehatan Dasar dan Pengasuhan Alternatif.

Ketua Gugus Tugas KLA Kota Batu (Kepala Bappelitbangda), MD Furqon, yang mendampingi Wali Kota Batu, menyampaikan harapannya setelah Kota Batu ditetapkan sebagai Kota Layak Anak.

Yakni, menyediakan akses pelayanan kesehatan, pendidikan, air bersih, sanitasi yang sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan.

Menyediakan kebijakan dan anggaran khusus untuk anak. Menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman sehingga memungkinkan anak dapat berkembang.

Keseimbangan di bidang sosial, ekonomi, dan terlindungi dari pengaruh kerusakan lingkungan dan bencana alam.

Memberikan perhatian khusus pada anak yang bekerja di jalan, mengalami eksploitasi seksual, hidup dengan kecacatan atau tanpa dukungan orang tua.

Adanya wadah bagi anak-anak untuk berperan serta dalam pembuatan keputusan yang berpengaruh langsung pada kehidupan anak-anak. (kementrianpppa/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.