BeritaFoto

Pimpin Apel Siaga Bencana, Wali Kota Batu Ingatkan Kewaspadaan Hadapi Bencana

Pimpin Apel Siaga Bencana, Wali Kota Batu Ingatkan Kewaspadaan Hadapi Bencana

BATU, Prokopim – Berdasarkan kajian resiko bencana tahun 2016-2020, terdapat 7 (tujuh) jenis ancaman bencana di Kota Batu. Diantaranya, tanah longsor, gempa bumi, banjir, empidemi penyakit, cuaca ekstrim/angin kencang, dan kebakaran hutan/lahan.

Apel siaga bencana Kota Wisata Batu, dilaksanakan melibatkan seluruh unsur pentahelix (pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha dan media massa).

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, memimpin pelaksanaan Apel Bersama Siaga Bencana 2021, di halaman Balaikota Among Tani, Rabu (16/6).

Kegiatan ini, juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Batu, Ir H Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, Kajari Batu Dr Supriyanto, Ketua DPRD Asmadi, dan beberapa dinas terkait.

Berdasarkan hasil survey di jepang pada bencana gempa Kobe Tahun 1995, keselamatan seseorang dari bencana, ditentukan oleh kesiapsiagaan dan kemampuan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, Wali Kota Batu menekankan pentingnya partisipasi masyarakat, dalam meningkatkan penyadaraan, kewaspadaan, kemampuan dalam menghadapi bencana.

Wali Kota Batu juga menjelaskan, apel ini juga dimaksudkan untuk merespon informasi dari BMKG, tentang adanya potensi gemoa dan tsunami di wilayah Jawa Timur, terutama pesisir selatan Jatim.

Wali Kota Batu berharap semua pihak dapat meningkatkan kemampuan diri, serta kemampuan, dalam menghadapi bencana.

Prokopim Kota Batu
Foto @danielh3rmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.