BeritaFoto

Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Wali Kota Batu Tahun 2022

Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Wali Kota Batu Tahun 2022
Pj Wali Kota Batu : Rekom DPRD sejalan dengan evaluasi kinerja OPD

Prokopim, BATU – Rekomendasi DPRD Kota Batu atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Batu Tahun 2022 sejalan dengan semangat Pemerintah Kota Batu untuk melaksanakan evaluasi kinerja. Teutama dalam rangka peningkatan potensi pendapatan asli daerah. Hal ini disampaikan Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, usai mengikuti Sidang Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD atas LKPJ Wali Kota Batu Tahun 2022 yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Batu (12/5).

Aries menjelaskan kemarin (11/5), ia mnginisiasi untuk pelaksanaan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh kinerja OPD, dengan menghadirkan tim ahli. Sejalan dengan masukan DPRD, hasil evaluasi kinerja OPD, salah satunya adalah merekomendasikan untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah.

“Ini ibarat gayung bersambut, bahwa sejalan dengan 14 hasil rekomendasi DPRD atas LKPJ, salah satunya adalah memaksimalkan pendapatan asli daerah. Dan ini pula yang menjadi rekomendasi tenaga ahli dalam evaluasi menyeluruh terhadap kinerja OPD kemarin. Kita tengah melakukan berbagai pemetaan, terutama terkait potensi pendapatan asli daerah atas saran dan masukan tenaga ahli. Mudah-mudahan dengan bergerak bersama pendapatan asli daerah akan kita maksimalkan,” tuturnya.

Selanjutnya, Aries dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang telah menyampaikan hasil rekomendasi atas LKPJ Wali Kota dengan tepat waktu. Ia menjelaskan jika LKPJ dialksanakan berdasarkan perencanaan yang telah ditetapkan bersama DPRD. Namun demikian, ia berharap dapat segera menindaklanjuti 14 rekomendasi yang telah ditetapkan antara lain terkait penyusunan perencanaan baik tahun berjalan dan tahun berikutnya, peraturan daerah dan juga kebijakan strategis.

Aries juga berharap ke depan sinergitas dan kolaborasi bersama DPRD akan semakin baik, serta senantiasa senantiasa meningkatkan kebersamaan dalam membangun Kota Batu yang berkelanjutan, maju dan sejahtera.

“Saya berharap ke depan sinergitas dan kolaborasi bersama DPRD semakin baik, dan terus meningkatkan kebersamaan dalam membangun Kota Batu yang berkelanjutan, maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Nurochman juru bicara dalam penyampaian rekomendasi DPRD menjelaskan ada 14 rekomendasi LKPJ Wali KOta Batu Tahun 2022 antara lain terkait perbaikan manajemen keuangan daerah, optimalisasi penerimaan daerah, kaji ualng PAD, intensifikasi pajak dan retribusi daerah, perkuat sistem pengawasan untuk menghindari kebocoran potensi retribusi daerah, optimalisasi aset dan kekayaan daerah, peningkatan fasilitas pelayanan perpajakan dan pengembangan ekonomi kreatif.

Sidang paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi dan dihadiri Wakil Ketua DPRD, Nurochman dan Anggota DPRD. Hadir pula Sekretaris Daerah Zadiem Effiensi, Perwakilan Forkopimda, BNN dan Bank Jatim.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.