BeritaFoto

Ceramah Umum Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI bagi Kepala Sekolah SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Kota Batu Tahun 2023Pj Wali Kota Batu : Pengelolaan Keuangan Sekolah Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ceramah Umum Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI bagi Kepala Sekolah SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Kota Batu Tahun 2023
Pj Wali Kota Batu : Pengelolaan Keuangan Sekolah Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Prokopim, BATU – Pengelolaan keuangan menjadi salah satu kunci peningkatan kualitas pelaksanaan program kegiatan. Terutama pengelolaan keuangan sekolah, memiliki peran penting dalam menghasilkan program kegiatan yang berdampak kepada peningkatan kualitas pendidikan, yaitu prestasi dan karakter siswa. Inilah yang menjadi salah satu latar belakang, dilaksanakan komunikasi antara Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Dr Drs H Agus Fatoni, MSi dengan seluruh kepala sekolah SD dan SMP negeri dan swasta di Kota Batu.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat memberikan sambutan dalam Ceramah Umum Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI bagi Kepala Sekolah SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Kota Batu Tahun 2023 yang berlangsung di Graha Pancasila Balaikota Amongtani Kota Batu (11/5). Ia berharap, dengan komunikasi langsung bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah, para kepala sekolah mendapatkan berbagai motivasi diri dan arahan terkait pengelolaan keuangan sekolah sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas pendidikan.

“Tujuan dilaksananya kegiatan ini karena sekolah sangat berkaitan erat dengan peningkatan kualitas pendidikan, baik pembentukan karakter dan juga peningkatan prestasi siswa. Tentunya dengan pengelolan keuangan yang baik, maka saya berharap siswa Kota Batu akan memiliki prestasi yang luar biasa, baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” jelas Aries saat menyampaikan sambutan pengantar.

Kegiatan ceramah umum ini, juga diisi dengan dialog terkait pengelolaan keuangan sekolah. Hadir dalam acara Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. Kepala sekolah yang hadir juga mendapatkan sertifikat 4 JP dari BPSDM Provinsi Jawa Timur, sebagai bentuk apresiasi keikutsertaannya.
Prokopim Setda Kota Batu

Ia juga menambahkan, agar kepala sekolah memanfaatkan momen ini untuk berdiskusi dan berbagi ilmu. Tidak mudah menghadirkan Dirjen Bina Keuangan Daerah, karena memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam pengelolaan APBD seluruh Indonesia. “Manfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya, beliau adalah orang yang selalu update dengan perkembangan, karena beliau orang yang selalu belajar,” ungkap Aries dihadapan 106 kepala sekolah SD dan SMP se-Kota Batu yang terdiri dari 79 kepala sekolah SD dan 27 kepala sekolah SMP.
Agus Fatoni, dalam arahannya menjelaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai aset dasar mencetak generasi emas masa depan bangsa. Terutama tugas kepala sekolah yang juga menjadi penanggungjawab administrasi keuangan di sekolah. Oleh karena itu, ia memberikan motivasi sehingga kepala bersama guru menjadi tim yang solid dalam meningkatkan pendidikan.
“Saya memahami menjadi kepala sekolah tidak mudah, salah satunya adalah memiliki tanggung jawab dalam administrasi keuangan sekolah,” tutur Agus yang disetujui oleh seluruh hadirin.
Ia menjelaskan ada 4 faktor yang menyebabkan rendahnya kinerja, pertama lemahnya koordinasi, kedua anti perubahan, ketiga biasa dengan zona nyaman dan terakhir adalah merasa benar sendiri dan cepat puas. Agus menjelaskan pentingnya selalu meningkatkan kompetensi soft skill yang dibutuhkan agar mampu menghadapi tantangan perubahan, yaitu kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, manajemen manusia, kemampuan berkoordinasi, kemampuan negosiasi dan konektivitas, orientasi pelayanan, cepat membuat keputusan, kecerdasan emosional, sosial, spiritual dan moral.
“Oleh karena itu, dalam menghadapi tantangan di era saat ini, penting bagi Bapak Ibu untuk terus meningkatkan kapasitas hardskill maupun softskill, menghasilkan inovasi dan kreativitas serta senantiasa memotivasi diri,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.