BeritaFoto

Pj Wali Kota Batu Ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Pemda dan Launching Indikator MCP Tahun 2023

Pj Wali Kota Batu Ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Pemda dan Launching Indikator MCP Tahun 2023

Aries : Di tahun kepemimpinan saya, semua kepala OPD harus bergerak

Prokopim, BATU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan Kementrian/Lembaga dalam Program Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah dan Peluncuran Indikator MCP Tahun 2023.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung paewai, hadir mengikuti kegiatan secara virtual didampingi Kepala OPD terkait secara virtual di Rupatama, Balaikota Among Tani, Selasa (21/3).

Aries usai kegiatan menekankan beberapa arahan Menteri Dalam Negeri untuk langkah pencegahan korupsi di lingkungan pemda dengan melakukan beberapa langkah teknis.

“Seperti arahan bapak Mendagri, Ketua KPK bahwa harus diperkuat pengawasan internal, melakukan evaluasi yang harus ditentukan dan MCP kita harus diperhatikan agar sesuai dengan penilaian yang diharapkan,”

Aries juga menekankan pentingnya peran APIP (Aparat Pengawasan Internal Pemerintah) dengan OPD untuk bersinergi dalam memperbaiki permasalahan yang ditemukan.

“Evaluasi yang dilakukan oleh APIP harus sinergi dengan opd lain, nanti pengisian akan otomatis baik dari segi dokumentasi kegiatan dan lainnya nanti akan kelihatan berapa nilainya,” jelasnya.

Dalam arahan Mendagri menyampaikan pesan yaitu memetakan sumber pendapatan asli daerah dengan aspek legalitas sesuai kemampuan masyarakat.

Selain itu Mendagri juga mengingatkan porsi pengadaan barang dan jasa TKDN yang mencapai minimal 40 persen dari total pengadaan daerah, serta peningkatan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa.

Pengelolaan Deposito daerah juga menjadi perhatian khusus Mendagri. Berikutnya adalah tentang pendampingan terhadap akuntabilitas keuangan desa, Manajemen ASN dan meningkatkan pengawasan APIP.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.