BeritaFoto

Capaian 99,63%, Kota Batu Raih Universal Health Coverage (UHC) Award 2023Aries Agung Paewai : Fokus pelayanan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan

Capaian 99,63%, Kota Batu Raih Universal Health Coverage (UHC) Award 2023
Aries Agung Paewai : Fokus pelayanan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan

Prokopim, Jakarta – Pemerintah Kota Batu menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) 2023 sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat sekaligus memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penghargaan ini diterima langsung oleh Aries Agung Paewai, Pj Wali Kota Batu di Balai Sudirman Jakarta (14/3) yang hadir dalam acara Penganugerahan Penghargaan Universal Health Coverage sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Masyarakat Indonesia.

“Apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah ke dalam Program JKN. Dengan demikian akan meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan seluruh masyarakat,” tuturnya saat memberikan sambutannya.

Wapres juga menambahkan jika dampak integrasi yang dilakukan pemerintah daerah adalah terbukanya akses dan meningkatnya pelayanan kesehatan masyarakat dengan kepesertaan Program JKN saat ini mencapai 90,3 persen.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, melanjutkan bahwa ke depan target pemerintah adalah 98 persen dari total penduduk harus sudah masuk dalam Program JKN. Oleh karena itu, Wapres berharap dukungan optimalisasi Program JKN bukan hanya tindak lanjut Inpres Nomor 1 Tahun 2022 semata, tetapi menjadi itikad untuk perlindungan seluruh masyarakat.

Selanjutnya, Wapres juga memberikan arahan yaitu, pertama pemerintah daerah mengambil peran lebih untuk mendaftarkan penduduk rentan yaitu disabilitas, lanjut usia dan masyarakat terlantar ke dalam Program JKN. Kedua, mendaftarkan seluruh pekerja informal yang mampu secara finansial terdaftar di Program JKN.

Terima Kasih, kepada Ibu Dewanti Rumpoko dan Bapak Punjul Santoso, DPRD Kota Batu, Jajaran Pemerintah dan seluruh Masyarakat Kota Batu
atas partisipasinya mendukung Jaminan Kesehatan Nasional
dengan diperolehnya
Universal Health Coverage Award 2023

Pemerintah Kota Batu terus berkomitmen untuk melindungi seluruh penduduknya melalui jaminan kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas

Aries Agung Paewai
Pj. Wali Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.