BeritaFoto

Pj Wali Kota Batu Hadiri Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2023 dan Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Pj Wali Kota Batu Hadiri Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2023 dan Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Prokopim, Surabaya – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menghadiri Forum Koordinasi Pelayanan Publik Tahun 2023 dan Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia di Gedung Grahadi Surabaya (13/3). Kegiatan yang juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membahas perkembangan inovasi di daerah yang semakin meningkat sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait evaluasi reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang berdampak, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas dan birokrasi yang lincah dan cepat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, dalam paparannya menjelaskan jika Tahun 2023, penilaian reformasi birokrasi harus fokus dampak kinerja bukan administrasi laporan, dengan fokus pada aspek hilir, yaitu menyelesaikan problem rakyat, dengan tetap mengedepankan tata kelola internal yang baik. “Termasuk jika dalam kompetisi inovasi sebelumnya harus menjawab 259 komponen pertanyaan dan menggugah ribuan dokumen, namun saat ini inovasi harus menghitung 26 indikator dampak antara lain yaitu kemiskinan, investasi, digitalisasi, belanja produk dalam negeri dan pengendalian inflasi,” paparnya.

Selain itu, Menpan RB juga menjelaskan ada 4 ekosistem pelayanan terintegrasi yang ditargetkan di 150 kabupaten kota pada 2024, yaitu direct services (pelayanan langsung), elektronic services (MPP Digital), self services (pelayanan mandiri) dan mobile services (pelayanan bergerak). Ia juga menegaskan jika di tahun ini dalam sistem pelayanan berbasis elektronik sudah tidak boleh ada aplikasi baru, dan pelayanan ke depan harus terintegrasi dalam 1 portal. “Banyaknya aplikasi justru membingungkan masyarakat,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.