BeritaFoto

Komisi IV DPR RI Tinjau Lahan Apel Kota Batu, Serap Aspirasi Petani

Komisi IV DPR RI Tinjau Lahan Apel Kota Batu, Serap Aspirasi Petani

TULUNGREJO – Apel sebagai salah satu komoditas hasil pertanian di Kota Batu beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan secara signifikan. Mahalnya biaya produksi, kualitas tanah yang menurun salah satu faktor penyebabnya.

Permasalahan tersebut diungkapkan oleh penyuluh pertanian Kecamatan Bumiaji, Dul Komar, saat berdiskusi secara langsung oleh Komisi IV DPR RI di area petik apel Desa Tulungrejo, Kota Batu, Kamis (15/9).

Kunjungan langsung Komisi IV DPR RI tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi IV Anggia Erma Rini. Ia mengatakan bahwa apel di Kota Batu menjadi perhatian khusus.

“Apel Batu merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia, restorasi dan perbaikan harus segera dilakukan agar keberadaan apel tidak punah. Kita hadir disini untuk memperbaiki masalah yang terjadi,” katanya.

Kunjungan Komisi IV yang membidangi pertanian, lingkungan hidupdan kehutanan serta kelautan ini didampingi langsung oleh Wakil Wali Kota Batu H Punjul Santoso dan Kepala SKPD terkait.

H Punjul mengatakan kunjungan Komisi IV ke Kota Batu bisa membawa dampak membangkitkan kembali pertanian apel Batu sebagai komoditas utama.

“Kami dari Pemerintah Kota Batu berupaya bagaimana apel ini dapat dikenal lebih banyak orang, salah satunya dengan menjadikan apel menjadi suguhan wajib di Hotel Kota Batu” katanya. (daniel/rizki/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.