BeritaFoto

Zero Waste Education Park Diresmikan, Beri Edukasi Pengelolaan Sampah

Zero Waste Education Park Diresmikan, Beri Edukasi Pengelolaan Sampah

Prokopim, BATU – Pengelolaan berbagai jenis sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung kini dijadikan wisata edukasi.

Peresmian Zero Waste Education Park TPA Tlekung dilaksanakan oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PSLB3 KLHK) Rosa Vivien Ratnawati bersama Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, dan Kepala Bakorwil III Malang, Budi Sarwoto, di TPA Tlekung, Rabu (30/11).

Mengawali sambutan Wali Kota Batu memperkenalkan proses pengelolaan sampah di TPA Tlekung.

“TPA Tlekung setiap hari mengelola 120 ton sampah dari seluruh Kota Batu. Dengan prasarana dan sarana yang ada, penanganan sampah sudah sampai 86% dari 70% target nasional,” katanya.

Hj Dewanti Rumpoko juga menjelaskan kerjasama pemerintah dengan pihak ketiga untuk penanganan sampah menggunakan mesin pyrolisis.

“Dengan kerjasama tersebut diharapkan kolaborasi saling menguntungkan, sehingga tidak hanya menangani sampah namun juga menghsilkan produk yg bernilai ekonomi,” tambahnya.

Sementara itu, Dirjen PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati memberi apresiasi terhadap langkah TPA Tlekung dengan peresmian ini bisa mendukung cita-cita mencapai emisi nol pada tahun 2050.

“TPA Tlekung luar biasa, berada di dalam hutan dan dibekali dengan sarana-prasarana yang sesuai untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Nanti Kota Batu tidak membutuhkan TPA lagi,” katanya.

Zero Waste Education Park adalah Wahana Wisata Pengelolaan Sampah di TPA Tlekung Kota Batu, ada 9 wahana eduwisata yang menjadi lokasi eduwisata. (daniel/herman/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.