BeritaFoto

Rapat Paripurna Persetujuan Bersama APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2023

Rapat Paripurna Persetujuan Bersama APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2023

Prokopim, BATU – Pemerintah Kota Batu bersama DPRD Kota Batu telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023.

Hal itu ditandai penandatanganan oleh Pimpinan DPRD dan Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Rabu (30/11).

Juru Bicara DPRD, Heli Suyanto dalam penyampaian pendapat dewan menjelaskan ada beberapa catatan untuk APBD 2023.

Yaitu target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2023, dinaikkan menjadi Rp 250.000.000.000.

Sementara itu, RPD Tahun 2023 – 2026 yang sudah disepakati bersama
dengan DPRD, merupakan data konkret Urgenitas Prioritas Daerah yang perlu untuk diwujudkan.

Pihaknya menyampaikan ada penambahan anggaran bagi 3 kecamatan dan kelurahan untuk peningkatan pelayanan masyarakat, pembelian alat berat untuk kesiapsiagaan bencana.

Wali Kota Batu dalam sambutannya, bersyukur pembahasan dan persetujuan Raperda APBD 2023 dapat dilaksanakan melalui proses perundang-undangan yang berlaku.

“Melalui kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Batu, khususnya Banggar dan Timgar Pemerintah Kota Batu,” ujarnya.

Hj Dewanti juga berharap dengan telah disetujuinya Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kota Batu Tahun anggaran 2023, nantinya akan dihasilkan profil anggaran yang partisipatif, akuntabel dan berorientasi kepada kepentingan rakyat.

“Dengan kata lain semoga program kegiatan yang telah kita rencanakan mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batu,” tambahnya.

Beliau juga berharap program priortas yang belum terlaksana bisa menjadi bahan kajian dan pertimbangan untuk dilanjutkan pada tahun mendatang oleh Penjabat Kepala Daerah Yang baru. (herman/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.