Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Menteri PUPR Sampaikan Tiga Fokus Penanganan Banjir Bandang Kota Batu

Menteri PUPR Sampaikan Tiga Fokus Penanganan Banjir Bandang Kota Batu

BATU, Prokopim – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dalam kunjungannya di Dusun Sambong, Desa Bulukerto Kota Batu, Kamis (11/11), menyampaikan tiga fokus penanganan banjir bandang.

Kementrian PUPR akan memperlebar jalur aliran sungai hingga ke arah Sungai Brantas sepanjang kurang lebih 4 kilometer.

Pak Menteri Basuki juga merencanakan relokasi bagi warga yang tinggal di bantaran sungai, dan membangunkan hunian untuk korban bencana.

“Relokasi, baik yang terdampak kemarin atau karena ada pelebaran, akan saya bikinkan rumahnya. Tanahnya disiapkan oleh wali kota,” ungkap Menteri PUPR.

Sedangkan fokus ketiga adalah Kementrian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batu, untuk memperbaiki fasilitas publik yang rusak akibat banjir.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menjelaskan tempat relokasi rencananya akan menggunakan tanah kas desa.

“Bisa memakai sebagian lahan desa untuk relokasi. Regulasi dan sebagainya akan kami siapkan,” katanya.

Wali Kota menambahkan ada delapan rumah warga yang hancur dan hanyut terseret arus. Sedankan warga yang tinggal disepadan sungai dan rawan terdampak juga akan direlokasi.

“Pak Menteri tadi meminta agar warga yang tinggal dekat sungai juga direlokasi. Nanti didata oleh desa dan lokasi relokasi masih di Desa Bulukerto,” ujarnya.

Pemerintah Kota Batu akan menyosialisasikan rencana relokasi kepada warga. Pemkot Batu akan menggandeng Kecamatan, Pemdes dan sejumlah tokoh desa.

Foto @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *