BeritaFoto

Rapat Kerja Kesehatan Daerah, Fokus Transformasi Sistem Pembangunan Kesehatan Daerah

Rapat Kerja Kesehatan Daerah, Fokus Transformasi Sistem Pembangunan Kesehatan Daerah

Tanaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kota Batu mengikuti Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 bertempat di Hotel Jambuluwuk Kota Batu, Kamis (24/11/2022).

Kepala Dinas Kesehatan, drg. Kartika menjelaskan tentang situasi kesehatan masyarakat Kota Batu kepada para peserta kegiatan.

Salah satu langkah yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan adalah MoU dengan Kemenag Batu untuk pembinaan calon pengantin dan edukasi kesehatan reproduksi dan gizi untuk mengatasi kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting.

Beberapa inovasi yang sudah dilakukan juga termasuk Pos Gizi Penanganan Stunting (POZTING). Inovasi lain yang akan diluncurkan adalah Traveler Health Services Kota Batu (TAHES Batu) untuk wisatawan di Kota Batu.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menjelaskan bahwa tujuan acara ini untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat agar bisa hidup lebih sehat.

“Dalam kesempatan ini, saya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga prokes, menerima vaksin booster dan makan sehat, istirahat yang cukup,” Kata Wali Kota Batu.

Hj Dewanti Rumpoko juga menjelaskan bahwa dari 2018 angka stunting hampir 28%, sedangkan di 2021 sudah 15%, namun masih sekarang penurunannya kurang signifikan.

“Saya berharap angka stunting bisa turun hingga dibawah 10%, untuk itu dibutuhkan kerjasama dari semua pihak termasuk ibu dari anak2 di Kota Batu,” tambahnya. (daniel/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.