BeritaFoto

Wali Kota Batu dan Sestama BMKG Resmikan Alat Sistem Terpadu Antisipasi Cuaca Ekstrem AWS

Wali Kota Batu dan Sestama BMKG Resmikan Alat Sistem Terpadu Antisipasi Cuaca Ekstrem AWS

Prokopim, BATU – Automatic Weather Station (AWS) yang merupakan sistem terpadu untuk mengumpulkan data cuaca secara otomatis di lokasi IP2TP Punten telah diperbaharui oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno menjelaskan peralatan yang digunakan saat ini adalah yang terbaru dan lebih canggih dengan sensor suhu, cuaca, angin dan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Sestama BMKG dalam kegiatan peresmian AWS di IP2TP Punten, Kamis (24/11).

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas peralatan AWS kepada Kepala Ballitjestro dan Sestama BMKG.

“Alat ini nantinya bisa sebagai indikator cuaca yang digunakan selain untuk pertanian juga melihat cuaca ekstrem yang terjadi,” katanya.

Selain berfungsi sebagai sistem yang mendeteksi cuaca ekstrem, keberadaan alat ini juga mendukung penelitian di IP2T untuk menghasilkan bibit jeruk berkualitas unggul.

Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, mengatakan, AWS menjadi parameter penting penelitian karena bisa mendeteksi kecepatan angin, arah angin, suhu udara, kelembapan, hingga curah hujan. (edy/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.