BeritaFoto

BPBD Gelar Apel Pasukan Siaga Darurat, Peringati Satu Tahun Tragedi Bulukerto dan Kesiapan Hadapi Bencana Hidrometrologi

BPBD Gelar Apel Pasukan Siaga Darurat, Peringati Satu Tahun Tragedi Bulukerto dan Kesiapan Hadapi Bencana Hidrometrologi

Prokopim, BATU – Antisipasi bencana hidrometrologi yang diprediksi BMKG pada musim hujan dengan intensitas tinggi pada tahun ini diantisipasi oleh Pemerintah Kota Batu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka siaga darurat bencana Hidrometeorologi di Wilayah Kota Batu Pada Musim Hujan Tahun 2022/2023, di Balaikota Among Tani, Kamis pagi (3/11).

Bertindak sebagai pembina apel kegiatan ini adalah Komandan Korem 083 Baladika Jaya, Kolonel Inf Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya, serta dihadiri Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Lilik Kurniawan, Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu dan Forkopimda Kota Batu.

Sedangkan peserta apel terdari dari unsur gabungan yang dibagi dalam klaster ekonomi, klaster pendidikan, klaster kesehatan, klaster sarana prasarana, dan berbagai klaster lainnya.

Danrem 083/BDJ membacakan sambutan dari Wali Kota Batu yang menyampaikan beberapa pesan dan arahan terkait kewaspadaan terhadap bencana hidrometrologi yang diprakirakan terjadi pada musim hujan tahun ini.

Dalam kegiatan ini sekaligus diserahkan berbagai jenis pohon untuk ditanam sesuai klasternya masing masing, serta penyerahan bantuan pembelian tanah, bantuan stimulan material bangunan dan bantuan modal usaha bagi korban banjir bandang Desa Bulukerto pada tahun lalu.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan. Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

(dok.daniel/edy/rizki/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.