BeritaFoto

Samakan Persepsi Tangani Bencana, Gubernur Jatim Kumpulkan Kepala Daerah se Jawa Timur

Samakan Persepsi Tangani Bencana, Gubernur Jatim Kumpulkan Kepala Daerah se Jawa Timur

Prokopim, SURABAYA – Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) diprediksi potensi curah hujan pada tahun ini lebih lebat dari tahun lalu.

Bencana hidrometeorologi yang melanda dibeberapa wilayah yang ada di Jawa Timur termasuk banjir bandang di Kota Batu pada tahun lalu perlu dijadikan pelajaran untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Mayjend TNI Suharyanto dalam Pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana yang diikuti Wali Kota dan Bupati se Jawa Timur, di BPSDM Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, Rabu (2/10).

Sementara Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko, mengikuti kegiatan ini bersama dengan Ketua DPRD Asmadi SP, Sekretaris Daerah, Kalaksa BPBD dan Kepala Bappelitbangda Kota Batu.

Lebih lanjut mantan Pangdam V Brawijaya ini menjelaskan tentang kerawanan longsor, serta pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

“Bencana tidak ada yang tahu kapan akan terjadi, namun dengan ikhtiar kewaspadaan dan kesiapsiagaan bisa dihindari jika itu terjadi,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap ada langkah yang dilakukan kepala daerah dalam mitigasi di wilayahnya masing-masing.

Gubernur juga menjelaskan pengerukan sedimentasi sungai, pengelolaan pintu air yang tepat dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar bisa dilakukan dengan segera agar potensi banjir bisa dikurangi dengan cepat.

Penanaman rumput vetifer menurut Gubernur Jatim dan Kepala BNPB bisa mengurangi sedimentasi sungai bahkan menahan longsor karena akar tanaman tersebut bisa mencapai 6 meter.

Wali Kota Batu usai kegiatan menjelaskan kegiatan hari ini adalah untuk lebih menekankan kepala daerah dalam mitigasi atau pencegahan bencana.

“Insyaallah di Kota Batu sudah dilaksanakan, nanti tinggal kita bersosialisasi kepada warga dan anak anak usia sekolah tanda-tanda ketika hujan lebat langkah apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Terkait penanaman rumput vetifer, menurut Hj Dewanti Rumpoko di Kota Batu sudah beberapa kali dilakukan jika ada bantuan lagi akan dicarikan lahan yang sesuai. (dok.edy/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.