BeritaFoto

Rapat Paripurna Jawaban Wali Kota terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Raperda APBD 2023

Rapat Paripurna Jawaban Wali Kota terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Raperda APBD 2023

Prokopim, BATU – DPRD Kota Batu menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Wali Kota terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Raperda APBD tahun anggaran 2023.

Jawaban tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Rabu (2/11).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Batu menjabarkan secara garis besar perihal pandangan fraksi-fraksi terkait Raperda APBD tahun anggaran 2023, serta memberikan sejumlah jawaban.

Sependapat dengan masukan fraksi-fraksi DPRD, SKPD penghasil harus aktif dalam melakukan pendataan dan validasi terhadap sumber pendapatan yang potensial.

Langkah yang dilakukan adalah perbaikan manajemen pengelolaan PAD, kebutuhan SDM berkompeten, penyediaan sarana prasarana, penyempurnaan regulasi, penyesuaian tarif dan penguatan sinergitas.

Upaya meningkatkan PAD melalui manajemen pengelolaan parkir sesuai dengan kajian potensi parkir tahun 2020 dan 2022.

APBD 2023 difokuskan pada belanja pelayanan dasar seperti sektor pendidikan, kesehatan, pemulihan ekonomi dan penanganan dampak inflasi, belanja transfer desa dan pengembangan kompetensi ASN, Infrastruktur dan pengentasan kemiskinan.

Pengembangan UMKM dan pembentukan kawasan pedesaan akan menjadi prioritas untuk pemulihan ekonomi bagi UMKM, serta pengembangan IKM melalui program One Village One Product.

Wawali menambahkan, setelah ini akan dibahas lebih dalam antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. (dok.daniel/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.