BeritaFoto

Kirab Tumpeng Bulu Bekti, Tandai Selamatan Desa Pesanggrahan Kota Batu

Kirab Tumpeng Bulu Bekti, Tandai Selamatan Desa Pesanggrahan Kota Batu

BATU, Prokopim – Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso, bersama istri, menghadiri kegiatan selamatan Desa Pesanggrahan, yang di pusatkan balai desa setempat, Minggu (17/7) malam.

Sebelum Kirab tumpeng Bulu Bekti, telah dilaksanakan selamatan secara serentak oleh warga,kemudian langsung di arak ke Balai Desa Pesanggarahan.

Sesampainya di balai desa, sebanyak 13 RW menyerahkan berbagai jenis tumpeng dari jajan pasar, hingga hasil bumi dari desa yang berada di lereng Gunung Panderman ini.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi ujub-ujub atau lantunan doa berbahasa jawa, yang berisikan permohonan keselamatan dan rasa syukur atas berbagai rejeki yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan pembacaan tahlil hingga sejarah Desa Pesanggarahan.

Dalam kegiatan ini, Kepala Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi, mengungkapkan selain menggelar tasyakuran ke 166 desa, pada tanggal 28 Agustus mendatang akan ada pesta demokrasi pemilihan kepala desa.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, dalam sambutannya berharap dengan diselenggarakan selamatan desa, bisa menghindarkan Desa Pesanggrahan dari segala macam mara bahaya, serta diberikan rejeki yang melimpah untuk warganya.

Menyinggung pesta demokrasi pilkades, Wawali juga berharap tidak membuat keguyuban warga menjadi berkurang.

“Saya berpesan agar para calon kades, dan pendukungnya berkomitmen untuk siap menang dan siap kalah agar kegiatan selamatan desa yang sudah meriah tidak berkurang maknanya,” jelas Wawali. (edy/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.