BeritaFoto

Demi Kesehatan Bersama, Sepakat Tiadakan Sholat Idul Adha di Kota Batu

Demi Kesehatan Bersama, Sepakat Tiadakan Sholat Idul Adha di Kota Batu

BATU, Prokopim – Menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1442 H, masyarakat tentu bersiap untuk merayakannya.

Namun, pada tahun ini, sesuai instruksi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, melarang pelaksanaan sholat Idul Adha di wilayah PPKM Darurat.

Untuk melaksanakan instruksi tersebut, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, bersama Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo dan jajaran Polres Batu, Kodim 0818 Malang-Batu, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kemenag Batu, dan MUI menggelar rapat koordinasi di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Sabtu (17/7).

Wali Kota Batu, mengatakan SE Kemenag harus dilaksanakan. “Bukan melarang orang beribadah, ini adalah suatu penyelamatan masyarakat,” katanya.

Wali Kota juga menugaskan Muspika, untuk mensosialisakan kepada lurah dan kades tentang SE PPKM Darurat.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Batu, sebagai aparat hanya menegakkan aturan yang berlaku.

“Kita mengikuti aturan yang ada, terkait hubungan dengan Allah SWT kami masih mempunyai hati nurani. Pihak kementrian sudah ada kajian dalam pelaksanaan sholat Idul Adha,” ungkap Kapolres.

Kasatpol PP M Nur Adhim, menjelaskan rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait Hari Raya Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Kabag Kesra Pemkot Batu, Hendri, menambahkan, selama PPKM Darurat semua tempat ibadah telah telah mematuhi, ada beberapa masjid yang masih kedapatan menggelar sholat Jumat.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kemenag mengungkapkan pihaknya akan memberikan sosialisasi untuk tidak melaksanakan sholat Idul Adha.

Prokopim Kota Batu
Foto @rizki_asz

Leave a Reply

Your email address will not be published.