BeritaFoto

Peresmian Perpustakaan Umum Kota Batu, Wali Kota Batu : Tingkatkan Budaya Literasi

Peresmian Perpustakaan Umum Kota Batu, Wali Kota Batu : Tingkatkan Budaya Literasi

BATU, Prokopim – Kota Batu akhirnya memiliki perpustakaan yang lebih luas dan megah, yang terpenting lokasinya dekat dengan keramaian Alun-Alun Kota Batu tepatnya di Jalan Kartini.

Perpustakaan umum Kota Batu secara langsung diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Syarif Bando, dan Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, Jumat (4/2/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Shanti Restuningsasih berharap gedung perpustakaan umum itu bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kota Batu, khususnya para pemuda.

Sedangkan Kepala Perpustakaan Nasional RI, berpesan kepada generasi muda pentingnya literasi dengan budaya gemar membaca.

“Kita harus membangun kekuatan menyukseskan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Bapak Presiden Jokowi untuk bagaimana membangun SDM (Sumberdaya Manusia) unggul,” katanya.

Wali Kota Batu menjelaskan, dalam upaya peningkatan literasi melalui Disperpusip terus membangun perpustakaan di mana-mana.

Saat ini jumlah perpustakaan di Kota Batu sudah mencapai 146 unit. Mulai dari perpustakaan daerah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa/Kelurahan, sekolah, masyarakat dan keluarga dengan jumlah koleksi bahan pustaka sebanyak 34.300 eksemplar dan 4.800 buku elektronik.

Wali Kota bersyukur gedung perpustakaan baru sudah bisa dimanfaatkan. Apalagi lokasinya juga dekat Alun-Alun Kota Batu. Harapannya banyak masyarakat maupun wisatawan datang ke perpustakaan itu.

Foto @danielh3rmanto
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.