BeritaFoto

Gubernur Jawa Timur Atensi Bencana di Kota Batu, Segera Siapkan Langkah Antisipasi

Gubernur Jawa Timur Atensi Bencana di Kota Batu, Segera Siapkan Langkah Antisipasi

BATU, Prokopim – Bencana di Kota Batu yang ada di beberapa titik menjadi atensi khusus Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur bersama Sekda Prov Jatim, Kabarkowil III Malang, serta beberapa pihak terkait melihat kondisi terkini di lokasi bencana yang ada di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kota Batu, Kamis (4/11) malam.

Kedatangan Gubernur disambut Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, bersama Wakil Wali Kota Batu dan Forkopimda Kota Batu.

Selain itu, Gubernur juga melihat posko dapur umum yang didirikan oleh Tagana Kota Batu, di Balai Desa Bulukerto.

Direktur Perum Jasa Tirta 1, Raymond Valian Ruritan mengungkapan, kejadian ini terjadi pada saluran alami, yang tergabung dalam aliran Sungai Brantas.

Sementara Kepala BBWS Brantas Muhammad Rizal, menambahkan rata rata hujan di Jawa Timur mencapai 2000 mm, curah hujan tinggi tidak ditunjang dengan tangkapan airnya.

“Kita harus perbaiki kedepan, jangan sampai merembet ke sungai Brantas, kita bersama pemerintah provinsi dan kota/kabupaten harus menata lagi daerah tangkapan air,” ungkapnya.

Gubernur Jatim mengingatkan tentang peringatan dari BMKG, mulai November sampai Februari 2022 akan terjadi intrnsitas curah hujan 70 persen lebih tinggi.

“Memungkinkan terjadi banjir, banjir bandang di Indonesia, terutama Jawa Timur. Saya mewanti-wanti kesiapsiagaan, sinergitas harus dilakukan,” katanya.

Gubernur menambahkan, Fenomena La Nina berdampak pada meningkatnya ancaman bencana hydrometrologi.

“Saat ini kita masuk dalam tanggap darurat, bisa mendirikan posko dapur umum, pos pengungsian, karena prediksi masih ada hujan susulan. Seluruh hunian di bantaran sungai harus dievakuasi, sesuai dengan siklusnya ada proses rehabilitasi dan konstruksi,” tambah Gubernur.

Foto @edytink_kdc
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.