BeritaFoto

Walikota Resmikan Kawasan Wisata Songgoriti sebagai Kampung Konservasi Pertama di Kota Batu

Batu,Humas – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko meresmikan kawasan wisata Songgoriti sebagai kampung konservasi pertama di Kota Batu pada puncak acara The Legend of Songgoriti, Minggu (13/12/2020).

Kegiatan tersebut diawali dengan jalan sehat, dilanjutkan dengan penanaman pohon cemara serta pelepasliaran 144 ekor burung beragam spesies di Pine Park Songgoriti.

Walikota mengatakan bahwa pelestarian ekologi akan menjadi wajah baru destinasi wisata di kawasan yang sudah sejak lama menjadi ikon wisata di Kota Batu.

“Harapannya, ada banyak manfaat yang di dapat. Mulai dari ada daya wisata di Kota Batu dengan lingkungan bersih, udara sejuk dan sehat. Sehingga di Songgoriti ini seperti potongan surga,” katanya.

Menurut Walikota dengan adanya gerakan tingkat kampung harus diteruskan dan jadi contoh daerah lainnya di Kota Batu. Karena segala yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan harus berkesinambungan dengan partisipasi dari semua elemen.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu Aries Setiawan ditetapkannya Songgoriti sebagai kampung konservasi diharapkan bisa memberi perlindungan dan pelestarian hutan. Serta memberi dampak manfaat secata ekonomi dalam bentuk pemberdayaan masyarakat untuk memanfaatkan kawasan hutan.

“Perlu aksi nyata untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Dan melarang perburuan satwa di kawasan konservasi agar tak merusak ekosistem. Komitmen tersebut dicanangkan dalam penandatanganan komitmen kawasan konservasi oleh pengurus lingkungan, Kelurahan Songgokerto dan Forkompimda,” pungkasnya.

Foto @rizki_asz

Leave a Reply

Your email address will not be published.