BeritaFoto

Walikota Batu Terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 dari Gubernur Jawa Timur

Surabaya,Humas – Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko hadir langsung di Rapat Koordinasi di Grand City Surabaya. Dalam acara tersebut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa didampingi Dedi Sopandi Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jatim menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 kepada instansi vertikal, OPD Pemprov, dan Bupati/Wali Kota secara simbolis, Senin (30/11/2020).

Rakor penyerahan DIPA dan TKDD di Ballroom Grand City Convex Surabaya itu digelar bersamaan dengan Rakor Upaya Pengendalian Covid-19 di Pilkada Serentak 2020, serta Sosialisasi Vaksin Covid-19 di Jatim. Total Alokasi TKDD 2021 kali ini sebesar Rp76,69 triliun lebih. Antara lain Rp16,115 triliun untuk pembiayaan pembangunan Provinsi Jatim, dan Rp60,578 triliun untuk biaya pembangunan di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Gubernur berpesan kepada bupati/wali kota, kepala satuan kerja, juga perangkat daerah Pemprov Jatim agar mencermati dan mengawal proses percepatan pencairan anggaran agar memberikan dampak positif terhadap upaya pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Dalam kesempatan ini Gubernur juga meneruskan sejumlah poin penting sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat penyerahan DIPA dan TKDD 2021 di Jakarta, Kamis (25/11/2020) lalu diantaranya, seluruh menteri, pimpinan kementerian dan lembaga, serta para kepala daerah, terutama yang punya anggaran besar, agar melaksanakan lelang sedini mungkin pada Desember 2020.Harapannya pelaksanaan lelang tersebut bisa secepatnya menggerakkan aktivitas ekonomi pada kuartal I 2021 mendatang. Kedua, bantuan sosial yang menjadi salah satu fokus kebijakan pemerintah pada 2021 harus bisa dicairkan dan diberikan kepada masyarakat awal 2021. Ketiga, dalam kondisi krisis akibat pandemi saat ini, pemerintah harus bekerja lebih cepat dengan cara di luar kebiasaan agar berbagai program stimulus bisa berjalan tepat waktu dan memberi daya ungkit pertumbuhan ekonomi. Keempat, Presiden juga berpesan agar Pemda melakukan reformasi anggaran untuk menggerakkan roda ekonomi baik nasional maupun daerah. Kelima, dalam menghadapi banyak ketidakpastian di tengah Pandemi Covid-19 ini diperlukan fleksibilitas penggunaan anggaran pemerintah.

Fotografer : Rizky Aszihar

Leave a Reply

Your email address will not be published.