BeritaFoto

Sinergitas Malang Raya Maju Bersama

BATU,Humas – Pemerintah Kota Batu menggelar pertemuan tiga kepala daerah diwilayah malang raya yang bertajuk Sinergitas Malang Raya Maju bersama, bertempat di depan loby utama Balaikota Among Tani, Kota Batu, Kamis (5/3/2020) malam. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama tentang kerjasama pembangunan daerah diwilayah Malang Raya. Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko, Wali Kota Malang H.Sutiaji, Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso, Kepala Bakorwil III Malang Drs. Syaichul Ghulam, Danrem 083/ Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin, Forkompimda se Malang Raya, Sekretaris Daerah se Malang Raya beserta Kepala OPD se Malang Raya, Para kesatuan komandan (Dandohar, Danpoltekad, Danlanal, Danlanud), Rektor ITN prof Muktamar, Rektor Unmer. Prof Anwar Sanusi, Kepala OJK, Kepala BI Malang Askha dan Kepala KPP Kota Malang, serta instansi vertikal se Malang Raya.

Acara dimulai dengan pemberian santunan anak yatim oleh Walikota Batu dan Walikota Malang dan Sekda Kab.Malang. Dilanjutkan dengan sambutan selamat datang oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko yang mengucapkan terima kasih dan sugeng rawuh diKota Batu. Sebetulnya acara sinergitas Malang Raya ini sudah telat lama karena kesibukan kami bertiga. Kita akan menandatangani kesepakatan bersama tentang kerjasama pembangunan daerah diwilayah Malang Raya. “Nantinya pak bupati bisa menyambungkan jalibar yang sudah hampir sambung ke kota malang yaitu didaerah Dau, sehingga kemacetan bisa terurai kalau orang orang dari Blitar dan Malang mau ke Kota Batu,” ungkapnya.

Kemudian kami mohon doanya ada beberapa proyek besar di Kota Batu yang pertama pembangunan pasar besar pada tahun 2021 yang mendapat bantuan dari APBN sebesar 200M .Yang dibangun diatas tanah 4 ha yang termasuk pasar yang terluas. Tahun ini syarat syarat administrasi dan penyiapan lahan sudah harus kami selesaikan sehingga tahun 2021 mulai pembangunnya. Proyek besar yang kedua adalah kereta gantung, yang sudah dapat dukungan dari gubernur jawa timur dan menteri perhubungan, karena pembiayaan pembangunan kereta gantung ini melibatkan inventasi masyarakat kota batu. “Tinggal menyiapkan regulasinya yang tidak mudah, karena baru pertama kalinya kereta gantung akan ada disebuah kota bukan ditempat wisata. Mudah mudahan sinergitas malang raya ini menjadi sesuatu contoh sinergitas sangat luar biasa bagi kota kota yang lainnya,”katanya.

Sementara itu,Walikota Malang dalam sambutannya mengatakan, bahwa jejaring yang kita lakukan melalui proses yang panjang untuk bersama sama mendesain dan merancang malang raya maju bersama. Dimana ahli komunikasi menyatakan bahwa komunikasi yang baik itu adalah saling mengintip antara obyek dan subyeknya dalam hal mengintip apa kekuatan dan tidak pernah memandang bahwa teman kita tidak ada dalam sebuah komunikasi ini adalah kompetitor yang kesemuanya adalah potensi. Kota Malang tidak mungkin ada kalau tidak ada Kota Batu, dan Kota Batu tidak mungkin ada kalau tidak ada Kabupaten Malang dan itu ditunjukan dalam salam satu jiwa arema. “Kota Malang masih bergantung dengan Kota Batu dan Kab.Malang terkait masalah air. Tapi bahwa inilah yang harus disambungkan. Karena mau tidak mau kita harus maju bersama,” ungkapnya.

Sebelum dilanjutkan penandatangan kerjsama terlebih dahulu Asisten Administrasi Umum Kota Batu Chairul Syarif Tartila Asisten membacakan nota kesepakatan bersama antara Pemkab Malang dengan Pemkot Malang dan Pemkot Batu tentang kerjasama pembangunan diwilayah malang raya. Dimana semua kepala daerah di wilayah malang raya sepakat untuk membuat kesepakatan bersama tentang perjanjian kerjasama pembangunan daerah diwilayah malang raya. Dengan maksud adalah untuk mensinergikan program perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan daerah antara Pemkab Malang, Pemkot Malang dan Pemkot Batu melalui kerjasama daerah. Tujuan kesepakatan bersama ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan serta pemberian pelayanan dasar masyarakat secara efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatangan kesepakatan bersama tentang kerjasama pembangunan daerah diwilayah Malang Raya oleh Walikota Malang Drs.H.Sutiaji, Walikota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko dan Bupati Malang Sanusi yang diwakili oleh Sekda Kab.Malang Ir. Didik M. MT. (hms)

fotografer : daniel/edy/herman/rizky berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.