Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Wapres Resmikan UNISMA Sebagai Kampus Pelopor Gerakan Anti Radikalisme

MALANG, humas.batukota.go.id – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH. Maruf Amin didampingi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rektor UNISMA Prof Dr Masykuri Bakri menekan sirine untuk menandai peresmian Universitas Islam Malang menjadi Kampus Pelopor Gerakan Anti Radikalisme, Rabu siang (27/11/2019).

Wapres RI datang ke kampus UNISMA bersama istri Hj. Wury Maruf Amin. Dalam kunjunganya kali ini Wapres menyampaikan beberapa poin penting terkait paham radikalisme.

Turut juga hadir dalam kegiatan ini, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Walikota Malang H. Sutiaji, Wakil Walikota Batu H. Punjul Santoso, serta jajaran pengurus, dekan dan dosen serta mahasiwa UNISMA Malang.

Rektor UNISMA dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih karena KH. Maruf Amin bersedia meresmikan Kampus Unisma sebagai pelopor gerakan anti radikalisme.

Wapres RI dalam kuliah umum yang berjudul “Spirit Islam Nusantara dalam Mengembangkan Ekonomi Umat”, menyampaikan bahwa radikalisme dapat mengancam negara, masyarakat bahkan sebagai umat Islam dan Nahdlatul Ulama (NU).

“Radikalisme mendorong dan mendompleng banyak unsur kehidupan, ada radikalisme agama, etnis, kelompok tertentu,” ungkap KH. Maruf Amin.

Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa radikalisme adalah penyakit yang harus diperangi. Radikalisme agama yang paling sering digunakan.

“Kita harus akui agama Islam sebagai agama yang memberi rahmat bagi seluruh alam semesta, digunakan untuk mencapai tujuan dengan cara kekerasan,” tambahnya.

“Saya berpendapat radikalisme adalah cara berfikir bertindak dan bersikap tentang ideologi tertentu, dengan mentoleransi kekerasan untuk mencapai tujuan. Pesan intoleran, anti Pancasila, anti NKRI, dan sifat yang mudah mengkafirkan orang lain menjadikan radikalisme lebih cepat berkembang,” imbuhnya.

Wapres menambahkan bahwa kunjungannya ke UNISMA ini seperti mengunjungi rumah kerabat. “Sebagai bagian dari warna NU, saya seperti mengunjungi rumah kerabat ketika berkunjung ke UNISMA, apalagi para pendirinya tokoh panutan saya, bahkan putri saya adalah alumni UNISMA Malang,” ungkap wapres.

Foto : Edy Susanto

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *