BeritaFotoLensa KWB

Ikuti Rapat Evaluasi PPKM Rutin, Pemerintah Kota Batu Dapat Apresiasi Sekda Prov dan Wakapolda

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko mengikuti Rapat Evaluasi PPKM (Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Brigjen Pol Drs Slamet Hadi Supraptoyo, bersama Kapolres Batu AKBP Catur Cahyo Wibowo, Wakil Wali Kota Ir H Punjul Santoso, Pabung Kodim 0818 Kapten Czi Widagdo, Sekretaris Daerah Zadiem Effisiensi, Kadinkes dan BPBD.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Kota/Kabupaten yang melaksanakan PPKM di Jawa Timur, secara virtual di Rupatama, Balaikota Among Tani, Selasa (9/3/2021).

Kegiatan diawali oleh pemaparan dari Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.

Kapolres Batu menjelaskan perkembangan terbaru penanganan Covid-19 di Kota Batu saat ini masuk zona orange dengan jumlah kasus konfirm 1.326 (kasus aktif 24). Jumlah kasus meninggal 115, sedangkan CFR 8,67 persen dan Case Recovery Rate 89,51 persen. Sedangkan angka CFR Kota Batu masih diatas CFR (Case Fatality Rate) Nasional tercatat sebesar 2,70 persen.

Pada tahap PPKM Mikro
tahap 2, angka ini berhasil
turun menjadi 3 kasus/ hari. Sedangkan jumlah presentase penurunan kasus konfirm mencapai 96,1 persen.

Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Batu telah dilaksanakan mulai 18 Februari 2021 yang dilaksanakan di 5 Puskesmas dan 4 Rumah Sakit dan tempat publik se-Kota Batu. Tahap 1 tenaga kesehatan 2.023 orang, sedangkan tahap 2 (TNI/POLRI/ Petugas Pelayanan Publik, Lansia) sebanyak 2.985 orang.

Kapolres juga menjelaskan zonasi RT PPKM Mikro Tahap 2 per 8 Maret 2021 : Zona hijau 1.125, Kuning 24, orange 0, merah 0 dengan total jumlah RT sebanyak 1.149

Terkait posko Covid-19, Kapolres Batu menyampaikan bahwa saat ini 100 persen Desa/Kelurahan telah membentuk posko PPKM Mikro.

Kapolres juga menyampaikan, 19 Desa yang ada di Kota Batu 100 persen telah menetapkan APBDes dengan jumlah Dana Desa Tahun 2021 se-Kota Batu mencapai Rp. 31.458.028.000,- dan alokasi dana desa untuk posko PPKM Rp. 2.516.642.240

Wakapolda usai melihat pemaparan Kota Batu mengatakan bahwa ada tren penurunan di Kota Batu. “Tentunya ini akan kita lihat kembali satu minggu ke depan, kekompakan di Batu adalah modal utama,”. Katanya.

“Di Kota Batu sinergitasnya sinergitasnya sangat bagus, sampai diapresiasinSekda Prov Jatim,” Wakapolda berharap seluruh personel yang ada diposko Covid-19 bekerja maksimal. “Saya harap, minggu depan akan ada perkembangan yang lebih baik untuk Kota Batu,” pungkasnya.

Sementara itu Kasdam V Brawijaya, berharap semua kota/kabupaten yang menjalakan program PPKM Mikro bisa segera mencairkan dana desa.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur berharap kerjasama yang sudah berjalan, lebih diagresifkan dengan melakukan penetrasi di lapangan dengan melibatkan seluruh RT yang ada. “Ayo kita jalankan kekompakan,” tegasnya.

Foto Edy Susanto
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.