BeritaFoto

Kurangi Pengangguran, Pemkot Batu Gandeng PT Indomarco Prismatama

Kurangi Pengangguran, Pemkot Batu Gandeng PT Indomarco Prismatama

Prokopim, BATU – Guna mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Batu, perlu dilakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai elemen. Salah satunya dengan menggandeng swasta dalam pengisian lowongan pekerjaan. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Batu, (13/3) dengan menggandeng PT Indomarco Prismatama dalam rekruitmen pekerjaan yang berlangsung di Gedung Bina Praja Kota Batu.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Batu, Adek Iman Santoso, menjelaskan bahwa dalam mengatasi peningkatan pengangguran terbuka, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, tetapi butuh kolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai elemen termasuk swasta. Hal ini diwujudkan dengan kerjasama bersama PT Indomarco Prismatama yang saat ini akan merekrut sebanyak 30 posisi atau jabatan diperusahaannya dan juga dailyworker selama ramadan sebanyak 50 orang.

“Kita sudah mengetahui bersama bahwa pengangguran terbuka di Kota Batu berdasarkan data dari BPS tertinggi kedua di Jawa Timur, setelah Sidoarjo. Oleh karena itu, momen ini adalah bagian dari upaya untuk mengurangi pengangguran dengan bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama. Karena permasalahan pengangguran tidak bisa kita tuntaskan sendiri, tetapi memerlukan kerjasama dengan berbagai elemen termasuk swasta, seperti yang kita lakukan sendiri,” jelasnya di sela-sela acara.

Dedek, panggilan Adek Iman Santoso, juga menjelaskan kegiatan rekruitmen ini akan dilakukan setiap bulan, sesuai dengan kebutuhan PT Indomarco dan juga kerjasama dengan pihak swasta lain. Ia juga memotivasi agar pegawai yang diterima, menunjukkan kompetensi dan loyalitasnya terhadap perusahaan, dengan menunjukkan produktivitas tinggi.

Selain itu, peran penting Dinas Tenaga Kerja untuk terus meningkatkan kualitas SDM sehingga semakin kompetitif dengan memberikan program pelatihan dan pengembangan SDM yang dibutuhkan pasar tenaga kerja saat ini.

“Saya yakin dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak maka angka pengangguran di Kota Batu semakin kecil. Tentunya peran penting Dinas Tenaga Kerja untuk meningkatkan kualitas SDM Kota Batu agar semakin kompetitif, dibutuhkan program pelatihan dan pengembangan SDM sesuai dengan yang dibutuhkan pasar tenaga kerja saat ini, sehingga kedepan tidak sulit mencari tenaga kerja yang siap pakai terutama dari Kota Batu,” ungkapnya.

Selain itu, Aries juga berharap adanya partisipasi masyarakat, melalui adanya kreatifitas yang tumbuh dari masyarakat, terutama generasi millenial, untuk menciptakan lapangan kerja yang baru, sehingga masyarakat ikut berkontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

“Kita juga berharap adanya kreatifitas yang tumbuh dari masyarakat kita, terutama generasi milenial, untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, untuk bisa mengangkat masyarakat kita, dan bisa ikut memberikan kontribusi yang positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran,” tegasnya.

PT Indomarco Prismatama, beroperasi sebagai Indomaret, adalah jaringan pengecer waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group dengan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok. Tahun 1997 perusahaan mulai mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia. Jumlah gerai hingga Juni Tahun 2021 adalah 18.939 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.