BeritaFoto

Pj Wali Kota Batu Dorong UMKM Lebih Berkualitas

Pj Wali Kota : Diberikan Pendampingan, UMKM semakin Naik Kelas

Prokopim, BATU – UMKM Kota Wisata Batu sudah sangat berkembang. Namun perlu ada sentuhan sehingga UMKM lebih naik kelas, berkualitas dan bisa ekspor. Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat melaunching Produk UMKM UD Surya Mas di Kelurahan Temas Kota Batu (3/3).

Ia menjelaskan pendampingan yang dimaksudkan adalah intervensi pemerintah dan KADIN dalam memberikan pendampingan, yaitu dalam bentuk pelatihan dan modal dari perbankan, sehingga produk UMKM Kota Batu akan terus naik kelas, lebih berkualitas dan bisa diekspor.

“Produk UMKM kita ini sudah sangat berkembang. Namun perlu sedikit perhatian pendampingan, dalam bentuk pelatihan dan bantuan permodalan dari perbankan, sehingga bisa naik kelas, lebih berkualitas dan bahkan bisa ekspor,” urainya saat memberikan sambutan.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Adik Dwi Putranto, Ketua KADIN Jatim ini, Aries Agung mengaku sangat senang karena KADIN benar-benar menyatukan diri dalam mengintervensi UMKM. Karena menurutnya, KADIN merupakan motor penggerak UMKM agar naik kelas. Dengan produk-produk yang dihasilkan jauh kebih berkualitas, maka akan mudah dalam memasarkannya dan pasti lebih berkembang.

“KADIN merupakan motor penggerak UMKM, yang dahulu usaha kecil bisa menjadi menengah dan bahkan menjadi sektor industri, sehingga mampu berkompetisi dengan produk UMKM darimana saja. Oleh karena itu, perlu komitmen kita bersama, berjalan bersama untuk terlibat dalam pemberdayaan UMKM,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Jawa Timur, menjelaskan bahwa UMKM berkontribusi besar pada perekonomian dan menjadi penyerap tenaga kerja. Namun, saat ini UMKM masih memiliki berbagai tantangan dalam pengembangannya. Untuk itu, ia menjelaskan jika KADIN telah melakukan berbagai program kerja untuk membantu UMKM naik kelas. Salah satunya adalah pembinaan UMKM.

“Memajukan UMKM agar dapat naik kelas menjadi salah satu fokus KADIN Indonesia,” kata Adik panggilan Ketua KADIN Jawa Timur.

Sementara itu, Ketua KADIN Kota Batu Endro Wahyu Wijoyono sepakat untuk bersinergi yang dibangun antar stakeholder. Sinergi ini sangat penting dalam memfasilitasi UMKM agar lebih berkembang.

“Kami siap untuk mensupport UMKM dan bersinergi dengan Pemerintah dan pihak lainnya demi kemajuan UMKM di Kota Batu,” ungkapnya.

Acara launching produk ini, selain Owener UD Surya Mas, Winorkoko, juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Batu, Didik Mahmud, Kapolsek Batu AKBP Endang, Dirut Perumdam Among Tirto Sunaidi, Dirut JTP 3 Suryo Widodo, Pimpinan Bank Jatim Kartika, dan juga kepala desa dan lurah seKota Batu.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.