BeritaFoto

Pemerintah Kota Batu Dukung Percepatan PTSL

Pemerintah Kota Batu Dukung Percepatan PTSL
Pj Wali Kota : Tahun Ini Target Jadi Kota Lengkap
Disampaikan saat Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas di Desa Pandanrejo

Prokopim, BATU – Pemerintah Kota Batu siap mendukung percepatan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat pelaksanaan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) di Desa Pandanrejo Bumiaji Kota Batu (3/2).

Dihadapan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kota Batu, R Haris Suharto, Aries melanjutkan agar Gemapatas bukan seremonial semata, tetapi dilanjutkan bersama masyarakat sesuai target. “Pemerintah terus mendukung percepatan PTSL, dan saya berharap setelah seremonial ini akan dilanjutkan dengan pemasangan patok bersama masyarakat di lokasi yang ditentukan,” jelasnya.

Dukungan pemerintah ini, lanjutnya, mengingat tujuan PTSL adalah memberikan kepastian hukum dan memberikan hak ekonomi dan sosial masyarakat. Termasuk meningkatkan investasi. Terkait investasi, Aries menegaskan bahwa investasi yang dimaksud yang lebih utama adalah yang berasal dari masyarakat Kota Batu sendiri.

Selanjutnya, ia berkeinginan agar Tahun 2023 ini Kota Batu menjadi Kota Lengkap. Yaitu kota yang semua lahannya memiliki sertifikat sehingga memudahkan dalam perencanaan tata kota. “Kita berharap Tahun 2023 Kota Batu menjadi Kota Lengkap, sehingga memudahkan dalam perencanaan tata ruang kota,” ungkapnya.

Aries dalan kesempatan itu juga menyampaikan apresiasinya atas keinginan masyarakat secara sukarela untuk memberikan lahannya sebagai jalan tembus yang menghubungkan antar desa. Dengan PTSL ia berharap program ini akan berhasil sehingga akan memudahkan transpotasi masyarakat.

Kegiatan yang diawali dengan menyaksikan secara daring pencanangan Gemapatas oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Hadi Tjahjanto, juga dihadiri oleh Kapolres Kota Batu, Oskar Syamsudin, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari, Danramil Bumiaji, Kepala OPD terkait, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Batu dan Bumiaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.