BeritaFoto

Bangun Kepedulian Ubah Pola Pengelolan Sampah

Pj Wali Kota Tinjau Langsung Longsor Jurang Kuali

Prokopim, BATU – PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, meninjau langsung lokasi terjadinya longsor di Dusun Jurang Kuali RT 5 RW 6 Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu (30/1). Dalam kesempatan ini, ia melihat dari dekat korban longsor, Sumirah seorang janda 67 tahun yang sebagian rumahnya rusak akibat longsor.

“Waspada karena tanah longsor perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan Jurang Kuali, Bumiaji, akibat intensitas hujan yang sangat tinggi akhir-akhir ini,” jelasnya.

Aries mngatakan bahwa ia ingin melihat secara langsung kondisi sekitar Jurang Kuali yang memang memiliki kemiringan lahan yang cukup tinggi. Dengan demikian, tingkat kewaspadaan terjadinya bencana tanah longsor perlu terus ditingkatkan karena kondisi geografisnya. Juga karena kontur tanah rata-rata di Kota Batu dengan kemiringan tinggi, menjadi perhatian semua pihak untuk waspada tanah longsor.

Pj Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BPBD Kota Batu yang siap siaga saat terjadi bencana, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Kesigapan ini perlu terus ditingkatkan, dan menjadi prioritas dalam penanganan bencana dimanapun berada.
Selanjutnya, ia juga berharap kehadiran posko bencana disekitar Jurang Kuali dan lokasi rawan lainnya penting diperhatikan, agar mempermudah pemberian bantuan kepada korban.

“Terima kasih kepada BPBD yang telah sigap tanggap bencana, sehingga tidak ada korban jiwa. Selanjutnya perlu posko di lokasi daerah rawan untuk terus memantau sehingga informasi dan bantuan cepat diberikan,” tegasnya.

Usai tinjau longsor di Jurang Kuali, Aries juga melakukan pengecekan pelayanan di Balaidesa Sumberbrantas. Termasuk dapur umum yang dibuat atas kesadaran masyarakat, untuk membantu korban bencana.

Didampingi oleh Camat Bumiaji, Bambang Suliyan, Kepala Desa Sumberbrantas, Saniman dan Kepala Dinas PUPR Alfi Nur HIdayat, ia menyapa warga sekitar dan juga pegawai Desa Sumberbrantas.

Aries mengaku sangat bersyukur dapat menyapa langsung masyarakat dan pegawai Desa Kaki Langit Sumberbrantas yang berada di puncak tertinggi di Kota Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.