BeritaFoto

Pj Wali Kota Batu Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Simak 6 Arahan Mendagri

Pj Wali Kota Batu Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Simak 6 Arahan Mendagri

Prokopim, BATU – Bertempat di Ruang Rapat Utama, Balaikota Among Tani, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Selasa (24/1) pagi, secara daring yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, Mendagri menyampaikan 6 point penting sebagai upaya konkrit yang harus dilakukan Pemerintah Daerah dalam penanganan inflasi daerah.

Pertama, melaksanakan operasi pasar murah. Kedua, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang. Ketiga, kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan. Keempat, Gerakan Sadar Menanam.

Kelima, merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) dan Keenam, dukungan angkutan transportasi dari APBD. Mendagri menyampaikan sampai dengan 24 Januari 2023, terdapat 331 pemerintah daerah yang masih belum melaksanakan upaya konkrit dalam penanganan inflasi.

Sementara itu terdapat 27 pemerintah daerah yang telah melakukan 4 sampai dengan 5 point tersebut di daerahnya, dan masih belum ada pemerintah daerah yang melaksanakan 6 point secara keseluruhan.

Arahan Mendagri tersebut, merupakan bagian tidak terpisahkan dari arahan Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo saat Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesai 17 Januari 2023 lalu.

Dalam arahan tersebut, Pemerintah Daerah harus dapat mengendalikan inflasi dengnan memantau langsung harga di lapangan dan hati-hati dalam mengatur tarif misalnya untuk PDAM dan angkutan umum.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.