BeritaFoto

UMKM Go Digital, Pemerintah Kota Batu Grab Emtek dan Bukalapak Jalin Kerjasama

UMKM Go Digital, Pemerintah Kota Batu Grab Emtek dan Bukalapak Jalin Kerjasama

BATU – Mendorong terwududnya UMKM go Digital Pemerintah Kota Batu melalui Diskumperindag bekerjasama dengan PT Grab Teknologi (Grab Indonesia), Emtek dan Bukalapak.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, didampingi Wakil Wali Kota Batu, Komisi C DPRD di kawasan Alun-Alun Kota Batu, Jumat (9/9).

Kepala Diskumperindag Eko Suhartono menjelaskan kerjasama ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan daya saing, daya beli dan pemasaran UMKM sehingga percepatan pemulihan ekonomi nasional bisa segera diatasi.

Sementara itu,Vice president FMCG & Fresh Mitra Bukalapak, Caesario Parlindungan mengungkapkan kerjasama ini penting karena merupakan bagian dari #kotamasadepan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan) dengan tujuan utamanya membantu UMKM dan mengadopsi teknologi agar bertahan dan terus bertumbuh.

Wali Kota Batu berharap kerjasama ini dapat memberikan kemudahan dan fasilitas kepada wisatawan yang ingin berbelanja di kawasan alun-alun Kota Batu untuk memilih menu, memesan dan membeli produk UMKM tanpa perlu antri karena ada fasilitas self pickup.

Hj Dewanti juga berpesan kepada para pedagang agar tetap menjaga kualitas, harga dan kebersihan produknya.

“Kualitas, Harga, Higienis mohon dijaga agar produk UMKM dan PKL Kita bisa dipertanggungjawabkan. Nantinya, inovasi ini tidak hanya di alun-alun, namun juga di tempat oleh-oleh agar pembeli oleh-oleh tidak hanya yang langsung datang ke Kota Batu, namun juga yang dari jauh melalui platform digital.” Ungkap Dewanti.

Dari sejumlah 450 an pedagang yang ada di kawasan alun-alun masih sekitar 25 persen pedagang yang terdaftar dan kedepan seluruh pedagang diharapkan bisa masuk semua.

Melalui Kota Masa Depan, pelaku usaha kecil yang bergabung dalam program ini diharapkan tidak hanya dapat menjangkau jutaan konsumen melalui platform Grab dan Bukalapak, tapi juga memperoleh peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka. (dok.daniel/edy/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.