BeritaFoto

Susur Sungai Brantas Segera Dimulai, Komitmen Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kota Batu Lestarikan Lingkungan

Susur Sungai Brantas Segera Dimulai, Komitmen Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kota Batu Lestarikan Lingkungan

SUMBER BRANTAS – Kota Batu sebagai titik nol hulu Sungai Brantas sangat perlu untuk memperhatikan kawasan disekitarnya.

Menimbang hal tersebut Perum Jasa Tirta I bersama dengan Pemerintah Kota Batu, organisasi masyarakat dan komunitas lingkungan melaksanakan kegiatan Susur Sungai Brantas dari Kota Batu hingga Kota Malang.

Seremonial dimulainya kegiatan ini diselenggarakan di kawasan Arboretum Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (22/8). Sementara untuk kegiatan susur sungai baru akan dilaksanakan pada hari Selasa hingga Rabu (24/8).

Wali Kota Batu yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan terimakasih atas peran seluruh pihak yang terkait untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Terima kasih kepada organisasi masyarakat dan komunitas lingkungan hidup yang tidak hanya melaksanakan kegiatan susur sungai Brantas, namun juga secara terus menerus menjaga kelestarian lingkungan sungai Brantas,” katanya.

Sementara itu, Direktur Perum Jasa Tirta I, Raymond Valiant Ruritan, menjelaskan salah satu tujuan kegiatan susur sungai adalah untuk mengetahui perubahan tata ruang, tangkapan air di sepanjang aliran sungai agar masyarakat waspada terhadap perubahan sungai brantas.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bakal menumbuhkan komunitas-komunitas yang mencintai sungai dan menjaga lingkungan, tidak hanya di Kota Batu namun juga di tempat lain,” jelasnya.

Banyaknya sampah yang berasal dari limbah rumah tangga dan lainnya juga menjadi salah satu permasalahan sungai brantas.

“Harapan kami, program mencintai air dan lingkungan ini tidak hanya dilaksanakan oleh Perum Jasa Tirta I, namun juga oleh masyarakat. Dengan begitu, Kota Batu bisa menjadi lumbung air sungai Brantas,” tambah Direktur Perum Jasa Tirta I. (daniel/prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.