BeritaFoto

BNPB Gelar Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19 di Wilayah Malang Raya

BNPB Gelar Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19 di Wilayah Malang Raya

BATU, Prokopim – Relawan menjadi salah satu elemen penting untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Badan Nasional Penanganan Bencana BNPB menggelar kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19 di Wilayah Malang Raya, di Hotel Grand Mercure, Kota Malang, Senin (1/11).

Hadir dalam kegiatan ini Deputi Kesiapsiagaan BNPB Prasinta Dewi, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Utomo, Wakil Wali Kota Batu Ir H Punjul Santoso, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, BPBD Prov Jatim, Kalaksa BPBD se-Malang Raya, dan perwakilan relawan yang mengikuti pelatihan.

Agung Sedayu, Kalaksa BPBD Kota Batu menjelaskan pihaknya mengirimkan 58 relawan (Pramuka, FPRB Desa/Kelurahan, Smart Sisir, MMDC, Orari, Relawan Mandiri, Garda Relawan, dan Brantas Rescue) dan 5 fasilitator dan 5 supervisi lokal.

Ketua Bidang Koordinator Relawan BNPB Andre Rahadian, berharap dengan penggalangan relawan, dapat bekerjasama lebih baik lagi.

Ia menambahkan ada 1000 relawan yang dilatih, tiap kelas ada 25 personel. BNPB juga melibatkan Bank Danamon dan BPJS Ketenagakerjaan, untuk seluruh relawan yang bekerja dijamin asuransi tenaga kerjanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan rompi Satgas Covid-19 BNPB kepada Wakil Wali Kota Batu, Wakil Bupati Malang, serta Kalaksa BPBD se-Malang Raya.

Deputi Kesiapsiagaan BNPB, mengapresiasi seluruh unsur Pentahalix yang telah bekerjasama dengan baik dalam penanganan Covid-19.

“Bencana Covid-19 harus berkolaborasi bersama pentahalix, para relawan juga telah dibekali dengan materi agar saat menjakankan tugas tidak salah dalam menyampaikan informasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Erfan Gading Kepala BPJamsostek Kelapa Gading menjelaskan program perlindungan dimulai sejak dari rumah hingga ke lokasi bencana dan sebaliknya.

“Tidak terkitat waktu yang formal, konsepnya mulai terjadi resiko hingga sembuh. Bahkan selama perawatan, relawan akan mendapatkan santunan penggantian upah,” katanya.

Foto : @edytink_kdc
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.