BeritaFoto

Wali Kota Batu Buka Diklat Manajemen Air Minum Tingkat Dua Angkatan X Perpamsi Jatim

Wali Kota Batu Buka Diklat Manajemen Air Minum Tingkat Dua Angkatan X Perpamsi Jatim

BATU, Prokopim – Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Jawa Timur menggelar diklat manajemen air minum tingkat dua, di Hotel Horizon Batu, Minggu (31/10).

Diklat tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, dan dihadiri pengurus Perpamsi Pusat, dan Jatim, serta direktur utama dan jajaran direksi perusahaan air minum se-Jatim.

Wali Kota Batu menjelaskan Kota Batu sebagai hulu Sungai Brantas, mempunyai tanggung jawab besar terhadap kelestarian kehidupan air. “Kami punya program 1 nama 1 pohon, dan setiap ASN wajib hukumnya menanam,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga berharap Perpamsi Jatim ada program kebersamaan dan berkolaborasi antar PDAM untuk bisa memfasilitas warga mendapat air yang bersih.

“Mudah-mudahan bisa professional dan mengatur air dengan baik dan memfasilitasi masyarakat,” tambahnya.

Terkait penyelengaraan di Kota Batu, Wali Kota Batu merasa bersyukur bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat. Wali Kota juga berharap, peserta diklat tetap mematuhi protkes.

Ketua bidang diklat Perpamsi Jatim/Direktur Perumdam Among Tirto Sunaedi menjelaskan, kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun dan sudah berlangsung sejak 10 tahun yang lalu.

Sebanyak 38 PDAM se-Jawa Timur mengikuti kegiatan sejak 31 Oktober hingga 4 November mendatang. “Ini merupakan sebuah ukuran standarisasi peningkatan SDM,” katanya.

Ketua PD Perpamsi Jatim, H Syamsul Hadi menambahkan, perkembangan penduduk mengakibatkan kebutuhan air minum semakin bertambah.

PDAM dituntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sekaligus dihadapkan tantangan yang fundamental, seperti ketersediaan air baku dan berbagai macam persoalan lainnya.

PDAM juga harus memenuhi sertifikasi SKKNI bidang air minum, baik untuk manajemen dan pengelola, paling lambat tahun 2022. “Tujuannya mencetak tenaga SDM sesuai SKKNI, harapanya kinerja semakin meningkat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.