BeritaFoto

Wahid Foundation Beberkan Program Desa Damai, Salah Satunya Pemberdayaan Ekonomi

Wahid Foundation Beberkan Program Desa Damai, Salah Satunya Pemberdayaan Ekonomi.

BATU, Prokopim – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, menerima kunjungan Wahid Foundation yang dipimpin oleh Visna Vulovik, di Rupatama, Balaikota Among Tani, Rabu (2/6).

Wali Kota Batu didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Camat Bumiaji, Kepala Desa Gunungsari, dan Kepala Desa Sidomulyo.

Program Manager sekaligus Asisten Direktur Wahid Foundation, Visna Vulovik, mengatakan, dalam mewujudkan Desa Damai Sidomulyo, Wahid Foundation masuk lewat pemberdayaan ekonomi.

“Membuat mereka saling berkomunikasi satu sama lain meskipun berbeda latar belakang,” katanya.

Kemudian, Wahid Foundation memberikan akses permodalan dan pelatihan wirausaha melalui pembinaan perempuan.

“Kami juga memberikan pelatihan bagi masyarakat desa untuk mendeteksi dini dalam melihat potensi konflik yang muncul,” kata Visna.

Dalam pertemuan ini, dijelaskan juga tentang Rumah Ayom. Yaitu program untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat rentan seperti siswa putus sekolah, korban KDRT dan kekerasan lainnya.

Wali Kota Batu dalam sambutannya menyampaikan, bahwa program Desa Damai yang sudah berlangsung 4 tahun ini, sudah bisa dirasakan manfaatnya.

“Program tersebut juga sangat membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dan menguatkan kelompok rentan. Dengan begitu, SDM masyarakat meningkat dan dapat menghindari kekerasan berdasar ekonomi,” ungkap Wali Kota Batu.

Batu, 2 Juni 2021
Prokopim Kota Batu
Foto : @danielh3rmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.