BeritaFoto

ASN Ketahuan Foto Tidak Pakai Masker, Walikota Terbitkan Surat Peringatan

Batu, Humas – Berbagai macam sanksi pelanggar protokol kesehatan sudah diterbitkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota Batu Nomor 78 Tahun 2020.

Senin (24/08/2020) dilaksanakan Apel bersama Forkopimda berserta jajaran dalam rangka pencanangan pelaksanaan Inpres nomor 6 Tahun 2020 di Alun-Alun Kota Batu.

Apel bersama ini dibuka oleh Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama yang mempersilahkan masyarakat untuk beraktivitas dengan tetap disiplin menggunakan protokol kesehatan. Kapolres menggaris bawahi peran TNI dan Polri dalam Inpres nomor 6 tahun 2020.

“(Di dalam Inpres) ada dua poin penting, yang pertama adalah mendukung pemerintah melakukan pengawasan melalui patroli ke tempat-tempat keramaian,” ungkap Kapolres.

Kapolres berharap nantinya dengan adanya Perwali bisa dilakukan pengawasan sekaligus penegakan hukum bersama-sama dengan Satpol PP. Kapolres menegaskan bahwa disiplin protokol kesehatan merupakan vaksin.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dandim 0818 Malang – Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra mengungkapkan bahwa dengan Inpres tersebut, dapat memberikan landasan hukum dalam upaya penanganan Pandemi covid-19 serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Inpres ini, sebagai bukti keseriusan Pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. TNI/Polri dan pemerintah daerah wajib mengambil langkah sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam menjamin kepastian hukum,” ungkap Yusub.

Inpres tersebut ungkapnya sebagai dasar pemerintah daerah dalam memastikan sosialisasi penerapan protokol kepada masyarakat. Sekaligus juga menetapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Hal itu juga dibenarkan oleh Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko. “Inpres ini adalah sosialisasi protokol kesehatan dengan sanksi, karena kita sudah sosialisasi bersama dengan Polres Batu dan TNI namun masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ungkap walikota.

Foto : @danielh3rmanto@rizki_asz

Leave a Reply

Your email address will not be published.