BeritaFoto

Wali Kota Batu Hadiri Deklarasi Damai Desa Gunungsari

Wali Kota Batu Hadiri Deklarasi Damai Desa Gunungsari

BATU, Prokopim – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan Deklarasi Desa Damai Gunungsari, dengan tema “Merangkul Perbedaan, Mewujudkan Perdamaian”, di Pendopo Kecamatan Bumaji, Senin (31/5).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wahid Foundation bekerjasama dengan UN Women dan BNPT.

Kades Gunungsari, menyatakan dukungan terhadap kegiatan ini. “Semoga bisa membawa kemaslahatan bagi Desa Gunungsari,” katanya.

Mujtaba Hamdi, Direktur Eksekutif Wahid Foundation menjelaskan, pihaknya telah bekerjasama dengan Desa Gunungsari dan didukung program UN WOMEN dalam isu perempuan.

“Saya ingat pesan Gus Dur diberbagai kegiatan. Tidak ada perdamaian yang tegak tanpa adanya keadilan,” katanya.

Persaudaraan yang kita bangun ada tiga lapis, persaudaraan berdasarkan ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathoniah, persaudaraan kebangsaan dan persaudaraan universal.

Direktur BNPT menegaskan bahwa, deklarasi dilakukan, menjadi momentum yang tepat berhubungan dengan merebaknya intoleransi yang telah menyusup di masyarakat terutama dikalangan rentan yakni perempuan.

“Kita melihat, peran perempuan dalam kegiatan ekstrimisme dan terorisme semakin menonjol dan menjadi terang-terangan,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Batu, Kades Gunungsari, Kader Desa Gunungsari, dan Direktur Eksekutif Wahid Foundation.

Sementara itu, Wali Kota Batu mengatakan bahwa, 95 persen masyarakat adalah muslim. “Kami tetap bisa hidup dengan damai, bahkan acara keagamaan kami saling membantu satu dengan yang lain. Dalam hal sosial kemasyarakat, tidak ada batasan,” kata Wali Kota.

Wali Kota Batu juga berharap program desa damai, bisa dilaksanakan di semua desa yang ada di Kota Batu.”Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan, dan semakin sejahtera,” pungkasnya.

Foto @edytink_kdc
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.