BeritaFoto

Pemkot Batu Ikuti Rakor dengan Menko Marves RI Secara Virtual, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19.

Pemkot Batu Ikuti Rakor dengan Menko Marves RI Secara Virtual, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19.

BATU, Prokopim – Pemerintah Kota Batu ikuti Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali secara virtual bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Kementerian Kesehatan RI, di Ruang Rapat Utama, Balaikota Among Tani pada Jumat (11/2).

Menko Marves RI secara virtual, meminta kepada para gubernur untuk tidak lengah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

“Saya mohon nanti Gubernur untuk terus mengingatkan masyarakat bahwa pandemi ini belum usai. Tolong diperhatikan kerumunan, kegiatan berkumpul, harus menggunakan Protokol Kesehatan yang ketat. Percepat vaksinasi terutama vaksinasi Lansia” tegasnya.

Beliau juga mengajak para Gubernur, Bupati/Walikota untuk mempersiapkan skenario apabila terjadi hal buruk atau peningkatan Covid-19. Seperti kesiapan tempat tidur rumah sakit darurat, oksigen, tenaga kesehatan, obat-obatan, yang harus sudah diperhitungkan dari sekarang.

“Meskipun situasi Covid-19 masih pada tingkat yang terkendali, tetapi peningkatan kewaspadaan Jawa Bali perlu menjadi perhatian kita, termasuk kewaspadaan harus ditingkatkan terutama di kabupaten/kota untuk memastikan langkah-langkah seperti penetapan penggunaan peduli lindungi, Protokol Kesehatan terutama di tempat kerumunan, dan masukkan yang positif ke karantina pusat, serta percepat vaksinasi” tandasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI menjelaskan Fasilitas pelayanan kesehatan di Jawa Timur sudah menyediakan 446 rumah sakit fasyankes yang melayani pasien Covid-19 yang terdiri dari 164 rumah sakit rujukan Covid-19, 316 rumah sakit yang melayani Covid-19, 45 RSDC lapangan/darurat, serta 100 ISOTER isolasi terpusat.

“Disiplin penerapan protokol kesehatan, peningkatan cakupan vaksinasi yang cepat untuk seluruh masyarakat Indonesia, serta upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) yang baik merupakan tiga strategi pemerintah dalam menghadapi COVID-19” Jelas Menkes RI.

Foto @edytink_kdc
Prokopim Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.