BeritaFoto

Gemar Makan Sayur, Panen Pangan Alternatif dan Pembagian Alsintan

BATU, Humas – Dinas Pertanian Pemerintah Kota Batu menyelenggarkan kegiatan Gemar Makan Sayur, Panen Pangan Alternatif dan Pembagian Alat dan Mesin Budidaya Tanaman dalam rangka menunjang lahan pertanian alternatif, bertempat di lapangan Kelurahan Dadaprejo, Kec Junrejo, Kota Batu, Sabtu (12/12/2020).

Hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko beserta Kepala SKPD dilingkungan Pemkot Batu, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UIN MALIKI Dr. Uril Bahruddin, TP PKK Kota Batu.

Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono menyampaikan, bahwa kegiatan ini dalam rangka mengatasi masalah stunting di Kota Batu, “Dinas Pertanian telah melakukan gerakan makan ikan juga melaksanakan gerakan makan sayur dengan total 750 paket kepada masyarakat yang mengalami permasalahan stunting tersebar di 7 lokasi desa dan kelurahan di Kota Batu,” katanya.

Gerakan makan sayur adalah gerakan dengan tujuan membudayakan kebiasaan masyarakat Kota Batu untuk mengkonsumsi sayur hingga kebutuhan gizi akan terpenuhi.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi secara mandiri, Dinas pertanian juga memberikan paket bantuan intensifikasi masyarakat organik di 24 titik. Dan menyerahkan sarana pertanian kepada gabungan kelompok tani.

“Tujuannya adalah untuk memfasilitasi petani dalam menunjang kegiatan usaha tani yang berdampak agar ada peningkatan produksi pertanian sekaligus meningkatkan pendapatan petani,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Batu mengatakan bahwa pemberian bantuan alat dan mesin pertanian ini membantu petani punya nilai produksi pertanian yang baik sehingga bisa meningkatkan ekonomi dan mensejahterahkan masyarakat petani.

“Tolong dijaga dan digunakan dengan baik. Pergunakan sesuai kebutuhan gapoktan. Pandemi ini belum berakhir oleh sebab itu mari kita mentaati protokol kesehatan,” katanya.

@sam_napot@sitikhotijahsujatmiko
@hadiwe87

Leave a Reply

Your email address will not be published.