Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Komunitas Difable, Inginkan Kota Inklusi dan Ramah Difable

Batu, Humas – Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko menerima Komunitas Difable Kota Batu di ruang rapat utama lantai 5, Balaikota Among Tani, Jumat (11/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut dari Persatuan Tuna Netra (Pertuni), Komunitas Shinning Tuli, Tuna Daksa dan Tuna Intelektual Kota Batu serta dari Jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Dalam kesempatan tersebut dilanjutkan presentasi dari Komunitas Shinning Tuli oleh Edi Winarko. Dijelaskan mulai awal berdirinya Komunitas hingga bagaimana berkomunikasi sampai pengenalan bahasa Isyarat sederhana juga diutarakan dalam kesempatan ini.

Ketua PERTUNI dan Shinning Tuli Suryanto menyampaikan bahwa selama ini tidak ada anggota Pertuni dan selama Pandemi ini baru muncul setelah kita telisik karena disembunyikan oleh keluarga.

“Alhamdulillah kami kaum difable di perhatian oleh Kesbangpol diikutkan diklat belanegara. Selama ini kami sangat jarang membayangkan bisa ikut acara tersebut,” ungkapnya.

“Terimakasih ibu Walikota menerima kami dan kami ingin Kota Batu menjadi Kota yang inklusi atau ramah difable. Kita dorong ke ibu wali selain kampung tangguh juga ramah inklusi, agar di Kota Batu menjadi Kota Inklusi dan ini dimulai dari keluarga. Kami juga mengharapkan agar PHRI bisa menggunakan tenaga pemijat dari kami di Hotel-Hotel, ” urainya.

Perwakilan dari tuna daksa Prima meminta kesempatan yang sama terkait aksebilitas dan mobilitas baik pendidikan dan pekerjaan dan lainnya karena selama ini lebih banyak dirumah saja.

Sementara itu Walikota mengapresiasi kehadiran di Balaikota Among Tani. “Jika ada masukan nanti disampaikan InsyaAllah akan menjadi rujukan program kegiatan yang tepat selanjutnya,” katanya.

“Yang jelas memang Kota Wisata Batu menuju ke Kota Inklusi dan insyaAllah kita sebentar lagi akan membangun pasar dengan aspek ramah difable dan Among Tani ini kita perlu merombak sedikit agar ramah disabilitas,” tanggapnya.

@yudha_ari_nurhamid

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *