BeritaFoto

Sosialisasi Jaga Desa dan Penyerahan Sertifikat oleh Badan Pertanahan Kota Batu

Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menghadiri acara Sosialisasi Jaga Desa dan Penyerahan Sertifikat oleh Badan Pertanahan Kota Batu, bertempat diruang rapat utama, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (13/10/2020).

Kepala DP3AP2KB Kota Batu dalam laporannya mengatakan, bahwa ada 2 kegiatan dalam satu acara kali ini yaitu sosialisasi jaga desa dimana sesuai nota kesepahaman MoU antara Kejagung dengan kementerian Desa PDPT tentang program jaga desa, kemudian penyerahan 12 sertifikat yang akan menjadi milik pemkot Batu oleh BPN Kota Batu dari program trijuang.

“Kegiatan ini akan dikawal terus oleh kajari Kota Batu. Terkait dengan BPN kita sudah membahas program trijuang yang akan menjelaskan tentang batas batas desa,kelurahan,kecamatan dan bentuk status tanah,” katanya.

Sementara itu, Walikota Batu dalam sambutannya mengatakan bahwa program Jaga desa ini merupakan program yang patut di laksanakan sebaik baiknya agar tidak ada masalah dikemudian hari.

“Saya melihat dari 19 desa yang ada di Kota Batu hanya ada 8 desa yang baru bisa menjalankan programnya 80%. Jadi tidak sampai 50%,” katanya.

Beliau berharap para kades dalam sisa waktu 2 bulan dalam masa pandemi ini, untuk menjalankan kegiatan yang bisa menumbuhkan ekonomi rakyat. Sehingga ekonomi rakyat bisa berjalan dengan baik untuk membantu perekonomian masyarakat.

Kemudian Walikota Batu mengatakakan, yang berikutnya BPN akan menyerahkan 12 sertifikat yang sudah jadi kepada Pemkot Batu. Ini adalah salah satu hal yang memang pemkot batu yang masi sangat minim tentang keberadaan aset di Kota Batu. Mudah mudahan nanti didalam program trijuang ini masalah yang banyak didesa terutama tentang akta,hibah, waris itu akan bisa teratasi dengan jelas siapa kepemilikannya. “Jadi kita harus lebih bekerja sama dengan baik dan keras untuk bisa mendapatkan semua yang menjadi aset Pemmkot Batu. Saya mohon camat untuk ikut mendampingi agar supaya kepala desa bisa bekerjasama dengan baik,baik dengan kejaksaan maupun dengan BPN,”katanya.

Setelah itu acara dilanjutkan penyerahan secara simbolis sertifikat oleh Kepala BPN Kota Batu kepada Walikota Batu yang didampingi oleh Wakil Walikota Batu.(hms)

Fotografer : Daniel Hermanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.