BeritaFoto

Walikota Ikuti Kick Off SP2020 BPS Jawa Timur Secara Virtual

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko mengikuti acara Kick Off SP2020 BPS Jawa Timur Secara Virtual,bertempat diruang rapat utama Balaikota Among Tani, Kota Batu, Senin (31/8/2020). Turut mendampingi kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Batu Ir.H.Punjul Santoso, Kajari Batu Dr.Supriyanto,SH, Kepala BPS Kota Batu Parjan Wakapolres, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Sekda Kota Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Kepala OPD terkait serta para petugas sensus penduduk 2020 Kota Batu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini kita akan melakukan kick off dimulianya sensus penduduk th 2020 secara offline. Dimana secara online sudah dilakukan dari februari sampai dengan maret, karena pandemi covid-19 kemudian ada perpanjangan sampai mei.

Lebih lanjut,Gubernur Jawa timur menyampaikan kepada para bupati walikota, bahwa penduduk jawa timur pada semester 1 2020 menurut BPS hampir 41,9juta. Yang sudah melakukan Sensus Penduduk dan mengisi aplikasi secara online ternyata masih relatif kecil jadi 40,9jt. Sekarang yang sudah dilakukan Sensus penduduk secara offline masih 34,12juta,jadi kemarin baru 6 jutaan dari 40,9juta. “Kita semua punya tugas, tanggung jawab dan kewajiban yang sama untuk memaksimalkan sensus penduduk yang dimulai besok tanggal 1 september 2020, supaya maksimalisasi dari berbagai cara kita mendapatkan data yang valid, terupdate itu bisa kita lakukan bersama,”katanya.

Sementara itu, Walikota Batu dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal kepada para petugas yang akan bertugas door to door kemasyarakat Kota Batu selama 15 hari kedepan. Pertama tetap jaga kondisi fisik yang sehat dan prima jangan lupa sarapan yang bergizi dan berdoa,serta nanti akan saya beri vitamin. Kedua tolong taati protokol kesehatan terutama terus pakai masker dan sarung tangan,dan jangan lengah. “Pak Sekda untuk menyurati kepala desa, camat dan kelurahan tentang informasi sensus penduduk ini untuk diteruskan kepada masyarakat agar tahu sekarang ada petugas sensus penduduk yang nantinya akan datang kerumah penduduk,”katanya.

Kemudian, Walikota Batu mengatakan bahwa seperti yang disampaikan gubernur tadi, ini adalah momen yang sangat penting untuk mengetahui situasi dan kondisi penduduk Kota Batu dan indonesia. “Untuk itu tolong didata yang benar dengan menggali informasi sedalam dalamnya kepada setiap warga yang didatangi. Kami sudah mensosialisasikan kepada para penduduk supaya memberi informasi yang benar itu yang penting,”katanya.

fotografer : andhytha putra dan istimewa

narasi : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.