BeritaFoto

Tanam Bibit Porang, Walikota Batu ajak Masyarakat Kembangkan Porang untuk Tingkatkan Ekonomi dan Ketahanan Pangan

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan Penanaman Bersama Pengembangan Tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Jenis Tanaman Porang sebagai alternatif Penyediaan Bahan Pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, bertempat di kampung edukasi Hearing Forest & HHBK Center AMKE, Desa Oro oro ombo, Kota Batu, Selasa (1/9/2020).

Dalam sambutannya, Walikota Batu mengatakan, tanaman Porang merupakan kusalah satu komoditas usaha kehutanan yang tumbuh di bawah tegakan kayu juga biasa disebut hasil hutan bukan kayu (HHBK). Porang sebagai alternatif bahan pangan selain beras dan umbi/ubi lainnya.

“Maksud dan tujuan diadakan ceremony penanaman porang bersama, agar petani sekitar kawasan hutan yang selama ini tidak menyadari tentang prospek tanaman porang bisa mengerti pengembangan porang dari budidaya hingga pengolahan hasil untuk dipasarkan agar bisa menambah peningkatan pendapatan usaha taninya,” kata walikota.

Lebih lanjut BuDe menambahkan bahwa hingga saat ini produksi olahan porang sangat diminati oleh masyarakat khususnya kalangan kehutanan, beliau juga berharap dengan adanya event ini, bisa memperluas jaringan informasi tentang prospek pengembangan dan penanaman porang yang sangat banyak memperoleh keuntungan selain segi keuntungan secara ekonomis.

“Secara konservasi tanaman porang bisa menjadi penutup lahan sehingga peresapan air kedalam tanah cukup stabil. Pemerintah Kota Batu, mengajak masyarakat sekitar kawasan hutan untuk bekerjasama mengembangkan tanaman porang dalam rangka peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan serta mendukung kelestarian alam,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dandim 0818 Batu Malang Letkol Inf Yusub Dody Sandra SIP MIPol, Wakapolres Batu, Kajari Batu Dr Supriyanto, SH, beberapa Anggota DPRD, Wakil Rektor ITS Surabaya, Kepala Cabang Bank BNI Brawijaya Malang dan Kepala SKPD Terkait dilingkungan Pemkot Batu.

Fotografer : Daniel/rizky Narasi : Hadi Wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.