BeritaFoto

Resmikan TPST 3R Berseri, Walikota Ajak Kelola Sampah Dengan Baik

Batu,Humas – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko meresmikan TPST 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Jalibar Berseri dengan tema “Pilah sampah dari rumah dan olah sampah menjadi berkah,” bertempat di Desa Oro oro ombo, Kota Batu, Rabu (11/3/2020). Sebelum acara dimulai, Walikota menandatangani prasasti dan menggunting pita sebagai tanda diresmikannya gedung TPST 3R Jalibar Berseri.

Kepala Desa Oro oro Ombo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ibu Walikota yang berkenan hadir untuk meresmikan gedung TPST ini. “Mudah mudahan TPST ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Oro oro ombo, Ini adalah awal yang baik sehingga nanti bisa mengelolah sampah dengan baik dan mandiri,” ungkap kades.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dalam pemaparannya tentang pengolahan sampah berbasis Desa/Kelurahan mandiri sampah melalui TPS 3R menjelaskan bahwa tahapan operasional pengolahan sampah berbasis Desa/Kelurahan mandiri sampah sesuai Perwali no.67 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Tahap pertama, pemilahan sampah organik dan anorganik oleh tiap tiap rumah tangga. Tahap kedua, pengangkutan sampah sesuai kalender ganjil genap oleh petugas RW/Dusun/KSM/pihak ketiga untuk dibawa ke TPS 3R. Tahap ketiga, pengolahan sampah pada TPS 3R. “Ada 13 TPST diseluruh Kota Batu, sehingga diharapkan nantinya bisa mengurangi volume sampah diTPA Tlekung, karena sampah rumah tangga sudah dipilah dan diolah di TPST,” tambahnya.

Sementara itu Walikota Batu dalam sambutannya mengatakan, bahwa gedung TPST ini akan mempunyai manfaat yang banyak, kalau kita memanfaatkan dan menjaganya agar tetap terawat dengan baik. “Ini adalah kegiatan kecil yang ketika kita lakukan terus menerus melakukan itu bisa menjadi manfaat yang besar bagi kita seperti bisa membayar iuran BPJS, PBB dan pajak kendaraan. Sampah itu adalah salah satu yang menyebabkan kita menjadi repot seperti banjir, karena kita tidak bijaksana dalam mengelola sampah dengan baik,” ungkapnya.

Fotografer : daniel hermanto / berita : hadi wahyono

Leave a Reply

Your email address will not be published.