Prokopim Kota Batu

KOTA BATU

Berita Foto

Kenalkan Tradisi Membuat Jamu Bagi Kaum Muda Millenial, di Festival Jamu Nusantara

BATU, Humas – Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko membuka kegiatan Festival Jamu Nusantara Tahun 2019 dengan tema “Jamu dengan gaya hidup milenial” yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu, sekaligus memperkenalkan kepada kalangan milenial tentang warisan budaya bangsa terkait kesehatan tradisional yaitu jamu, bertempat Balaikota Among Tani, Kamis (7/11/2019).

Selain walikota hadir pula Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, Ketua TP PKK Wibi Asri, Pabung Kodim 0818 Mayor Arm. Choirul Effendi, perwakilan Polres Batu, Kejari Batu, Pimpinan Bank Jatim Cabang Batu, Sekda Batu Drs.Zadim Effisiensi beserta Kepala OPD Kota Batu.

Untuk menambah wawasan, juga dilaksanakan diskusi dengan mengundang narasumber yang sudah tidak asing lagi dalam dunia perjamuan yaitu Konsultan PT. Orang Tua Group Ir. Wahyu dan Konsultan Senior PT. Jaya Mitra Kemilau membidangi Jamu Charles Saerang, yang diikuti oleh pelajar SMP dan SMA/SMK se Kota Batu.

Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa di Kota Batu ada banyak macam jenis tanaman obat yang dikelola oleh Balai Materia Medica dan setiap tahunnya menyelenggarakan festival meracik jamu sendiri yang diikuti dari seluruh peserta se-Jawa timur.

Walikota mencontohkan pengalaman pribadinya ketika masa kecil, selalu minum jamu kunir asam, yang bermanfaat untuk menambah stamina pada saat kurang tenaga.

“Begitu banyak kekayaan alam Kota Batu, yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan jamu yang berkualitas, tanpa harus membeli bahan dari luar negeri” ungkap walikota.

Walikota berpesan kepada anak-anak milenial, agar belajar dari sejak dini untuk menjadi sehat, pintar, dan menjadi orang hebat ini tidak perlu jauh-jauh dan mahal karena semua itu ada disekitar Kota Batu.

Kegiatan dilanjutkan dengan minum jamu bersama-sama, dilanjutkan dengan meninjau stand jamu. Dalam Festival Jamu Nusantara 2019, banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan antara lain ada lomba video-log (Vlog), seminar, lomba jamu, bazar aneka produk olahan bahan alami/jamu yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 7-8 November 2019. (hms/pandermannews)

fotografer : andytha putra / berita : hadi wahyono

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *