AGENDAFoto

Pj Wali Kota Batu Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bacakan Amanah Presiden RI

Prokopim, BATU – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Pemerintah Kota Batu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Balaikota Among Tani, Kamis (1/6/2023).

Upacara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini dipimpin oleh Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai selaku Inspektur Upacara dengan menggunakan baju adat Jawa Tengah Solo, Perwira Upacara Kepala Bakesbangpol, komandan upacara, Danramil 0818 04 Ngantang, serta pembaca Pembukaan UUD 1945 Ketua DPRD Kota Batu, di Balaikota Among Tani, Kamis (1/6/2023).

Turut mengikuti kegiatan ini, Forkopimda Kota Batu, Instansi Vertikal serta menjadi peserta dari TNI, POLRI, ASN Pemerintah Kota Batu, pelajar hingga PGRI.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota Batu membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo yang menegaskan bahwa Ideologi Pancasila membuat Indonesia diterima dan diakui dunia.

Selain itu, ia menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dianggap relevan bagi dunia, terbukti saat RI menjadi presidensi G20 dan ASEAN.

Hal serupa disampaikan oleh Pj Wali Kota Batu usai kegiatan. Aries ingin agar semangat dan nilai dalam Bhinneka Tunggal Ika yang selama ini sudah ada agar menjadi pengingat dalam mengamalkan lagi nilai luhur gotong royong, kebersamaan, toleransi dan saling menghormati.

“Mari kita amalkan lagi nilai-nilai Pancasila dalam diri kita untuk menjadi insan yang lebih baik menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” kata Aries Agung usai kegiatan.

Ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dikarenakan pada tanggal 1 Juni 1945, kata Pancasila pertama kali disebut oleh Presiden Pertama RI, Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Selamat Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Kamis, 1 Juni 2023
Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.