BeritaFoto

Penguatan SAKIP Pemda KemenpanWB Gelar Rakor di Kota Batu

Rapat Koordinasi Percepatan Reformasi Birokrasi melalui RB Tematik dan Penguatan SAKIP


Pj Wali Kota Batu : OPD Tidak Boleh Ego Sektoral. Semua Harus Bergerak

Prokopim, BATU – Pemerintah Kota Batu terus berupaya untuk meningkatkan penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), sebagai wujud kebutuhan organisasi dalam meningkatkan kinerjanya. Hal ini diwujudkan dengan koordinasi bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Kemenpan dan RB Republik Indonesia, Budi Prawira SE MM yang berlangsung di Ruang Utama Lantai 5 Balaikota Amongtani Kota Batu (31/5).

Aries Agung Paewai, Pj Wali Kota Batu, saat memimpin rapat koordinasi menjelaskan dihadapan seluruh Kepala OPD, bahwa dalam mewujudkan penilaian SAKIP yang baik, OPD tidak boleh ego sektoral. Tantangan dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi saat ini, adalah kolaborasi semua OPD. Terutama dalam penerapan Reformasi Birokrasi Tematik yang berdampak, maka seluruh kinerja harus terukur dengan berbagai indikator yang telah ditetapkan.

“Menyusunan SAKIP bukan kewajiban, tetapi kebutuhan kita untuk menilai sejauh mana capaian kinerja Pemerintah. Tidak boleh ada yang ego sektoral, semua harus bergerak,” tegas Aries.

Ia juga menyampaikan bahwa, Kota Batu telah berkembang sangat pesat dengan 3 sektor unggulan yang pariwisata, pertanian dan UMKM. Namun demikian, perkembangan ini harus didorong oleh OPD lainnya, saling berkolaborasi, sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dalam SAKIP.

Aries juga menjelaskan jika saat ini banyak daerah yang berlari untuk belajar tentang SAKIP, terutama dalam mensinergikan kinerja dalam indikator-indikator SAKIP, sehingga meningkatkan penilaian SAKIP yang luar biasa. Ia berharap, Kota Batu dengan semua potensinya, juga didukung dengan kolaborasi seluruh OPD sehingga nilai SAKIP meningkatkan.

“Banyak daerah yang berkompetisi dengan meningkatkan kinerjanya dalam penilaian SAKIP. Masih ada waktu sampai 30 Juni, semua harus bergerak untuk memastikan semua indikator dalam penilaian SAKIP terpenuhi,” pungkasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Budi Prawira menjelaskan jika ada peningkatan jumlah pemerintah daerah yang memiliki kategori baik. Jika Tahun 2021 sebanyak 136 pemerintah daerah, di Tahun 2022 meningkat menjadi 175 pemerintah daerah.

Pemerintah Kota Batu, penilaian SAKIP Tahun 2021 sebesar 62,06, Tahun 2021 sebesar 64,55 dan Tahun 2022 sebesar 65,96, dengan kategori B. Ia menjelaskan di semua Pemerintah Daerah harus memiliki visi yang sama yaitu mewujudkan pemerintahan berkelas dunia, yaitu bebas KKN, profesional dan memberikan pelayanan prima. Oleh karena itu, dibutuhkan birokrasi yang semakin efektif, efisien dan bersih dengan ciri agile dan adaptif.

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Zadiem Effisiensi, Seluruh Asisten, Staf Ahli dan PImpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.