BeritaFoto

Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah Triwulan I Tahun 2023 Pj Wali Kota Batu : Jadikan Cermin untuk Perbaikan Triwulan II

Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah Triwulan I Tahun 2023
Pj Wali Kota Batu : Jadikan Cermin untuk Perbaikan Triwulan II

Prokopim, BATU – Evaluasi merupakan tahapan penting dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan, baik di bidang kinerja perencanaan, anggaran, pengadaan barang dan jasa serta tindak lanjut inovasi sebagai bagian dari perbaikan pelayanan masyarakat. Bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Dr. Agus Fatoni, MSi, Pemerintah Kota Batu menjalani sesi evaluasi kinerja yang bertajuk Optimalisasi Kinerja Perangkat Daerah Triwulan I Tahun 2023 di Golden Tulip Holland Hotel Kota Batu (11/5).

Aries Agung Paewai, Penjabat Wali Kota Batu menginginkan agar kehadiran Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh PImpinan OPD selaku Pengguna Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran, untuk melakukan sharing terkait pelaksanaan kegiatan di Triwulan I. Ia berharap, hasil evaluasi nanti menjadi cermin melakukan perbaikan di Triwulan II.

“Saya berharap Triwulan II harus bercermin dari apa yang telah dilakukan di Triwulan I. Dan Triwulan II harus lebih baik dari Triwulan I. Kita cari point penting dari arahan Pak Dirjen, sehingga kinerja kita lebih baik lagi, ” jelasnya saat memberikan arahan.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, memberikan berbagai masukan langkah-langkah pemerintah daerah dalam meningkatkan kinerja perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa dan juga inovasi daerah. Langkah tersebut, yaitu pertama mengintensifkan pengawasan internal. Kedua memperluas sumber Pendapatan Asli Daerah yang belum digali. Ketiga, digitalisasi Pendapatan Asli Daerah. Keempat, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, dan kelima melakukan inovasi berdampak sebagai solusi permasalahan di masyarakat.

“Untuk inovasi, sesuai ketentuan MenPANRB yang baru, tidak harus digital, tetapi bagaimana membuat terobosan agar pelayanan berdampak langsung ke masyarakat,” jelas Agus Fatoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.