BeritaFoto

Apel Besar Tasyakuran Adipura 2022

Apel Besar Tasyakuran Adipura 2022
Pj Wali Kota : Tahun Depan Harus Dipertahankan dan Tingkatkan

Prokopim, BATU – Mempertahankan jauh lebih sulit dari pada mendapatkan. Termasuk Trophy Adipura yang telah diraih Kota Wisata Batu saat ini. Oleh karena itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam Apel Besar Tasyakuran Adipura 2022, dihalaman Balaikota Amongtani berkeinginan agar Tahun 2023 Trophy Adipura dapat dipertahankan bahkan di tahun-tahun selanjutnya.

“Adipura ini adalah perolehan Tahun 2022, saat kepemimpinan Ibu Dewanti dan Bapak Punjul, dan kita semua termotivasi untuk mempertahankan penghargaan ini. Dan kita semua berharap Tahun 2023 kita dapat mempertahankan penghargaan ini, dan juga ditahun-tahun selanjutnya,” tuturnya di hadapan awak media usai pelaksanaan apel.

Aries menambahkan jika keberhasilan ini merupakan wujud kebersamaan pemerintah bersama seluruh masyarakat. “Kita bisa melihat bahwa prestasi yang kita raih pada kesempatan ini, menjadi wujud kebersamaan kita dengan seluruh masyarakat Kota Batu. Kalau kita tidak sadar akan pentingnya kebersihan dan pelestarian lingkungan dari sampah, maka tidak mungkin Piala yang ada di samping kanan kita ini bisa kita raih. Kalau kita tidak punya keinginan bersama untuk mewujudkan Kota Wisata Batu yang bersih, tidak mungkin piala Adipura berada di samping kita saat ini. Maka oleh sebab itu, yang paling sulit adalah bagaimana mempertahankannya,” pungkasnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menyampaikan harapannya, agar perolehan Piala Adipura menjadi momentum bagi Pemerintah untuk lebih berorientasi pada pengelolaan lingkungan hidup yang ditujukan untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat. Juga pentingnya membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

“Piala Adipura harusnya bisa menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Batu untuk lebih berorientasi kepada pengelolaan lingkungan hidup yang ditujukan untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat di Kota Batu. Juga perlunya membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan sehat,” jelasnya.

Sementara itu, Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu Periode 2017-2022 mengungkapkan kebanggaannya atas perolehan Trophy Adipura ini. Ia menjelaskan penilaian melonjak selain karena pengelolaan sampah yang sudah bagus, juga pelakskanaan pembangunan Pasar Induk Kota Batu. Pembangunan pasar menjadi kendala peroleh adipura dimasa lalu. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh penggiat lingkungan, khususnya seluruh masyarakat yang telah bekerja bersama mewujudkan kebersihan dan keindahan Kota Batu.

“Terima kasih kepada masyarakat Kota Batu yang telah bekerja bersama menjadikan Kota Batu bersih dan indah. Penghargaan ini selain karena pengelolaan sampah kita yang sudah bagus, juga karena adanya pembangunan pasar, sehingga menilaian melonjak naik. Dan saya percaya, tahun depan kita akan dapat mempertahankannya, dibawah kepemimpinan Bapak Aries. Dan doakan semoga kita mendapatkan Adipura Kencana tahun depan,” ujarnya disela-sela acara yang juga dihadiri Forkopimda Kota Batu, Pimpinan TNI dan POLRI, Wakil Wali Kota Batu Periode 2017-2022, Pimpinan OPD Pemerintah Kota, serta peserta apel dari petugas kebersihan, organisasi penggiat lingkungan, organisasi bank sampah, dan juga eleman pecinta lingkungan se-Kota Batu.

Kota Batu berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang lingkungan yaitu Trophy Adipura Tahun 2022 Kategori Kota Sedang yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Siti Nurbaya Bakar, di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (28/02/2023). Hadir secara langsung untuk menerima Trophy Adipura yaitu Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Prokopim Setda Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published.